Warning: unlink(/tmp/fa1af991f54a0c3995e92ca7ef317fde-zlnX4z.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/lukisanku.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 158

Lukisan “Ngidung” (Ari Prasetya Andi Rachman)

0 2.513

Lukisan Ngidung merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Ari Prasetya Andi Rachman.

  • Pelukis : Ari Prasetya Andi Rachman
  • Judul : “Ngidung”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic On Canvas
  • Ukuran : 74,8 x 55,1 x 3,5 in

Deskripsi Lukisan Ngidung

Lukisan ini menggambarkan tentang kebudayaan Jawa yang lebih mengarah pada hiburan.

Kidung sendiri merupakan karya sastra jaman Jawa Pertengahan (Majapahit akhir), menggunakan bahasa Jawa Tengahan, bentuknya tembang, baik nama maupun metrum yang dianut seperti halnya Tembang Macapat.

Kandungan isinya merupakan medium dakwah dalam bentuk tembang yang sangat luar biasa. Ini menandakan bahwa para penyebar agama Islam di masa-masa awal perkembangannya di pulau Jawa mampu memahami, menjiwai dan sekaligus menjawab kebutuhan spiritualitas masyarakat. Dengan perkembangan zaman, kidung ini lebih mendominasi pada hiburan.

Pesan Tersirat

Seni dan masyarakat ibarat simbiosis mutualisme, keduanya saling ketergantungan dan membutuhkan. Perubahan di satu sisi akan berpengaruh terhadap sisi lainnya. Demikian juga yang berlaku pada seni kidung.

Menghibur diri  pada dasarnya adalah aktivitas manusia untuk memperoleh kesenangan serta kebahagiaan lewat kenikmatan fisik maupun rohani. Rasa senang dan bahagia tersebut diperlukan sebagai obat terhadap kelelahani, ketegangan, kekecewaan, kedukaan, kesepian, kesia-siaan, yang tengah diderita saat itu.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia Ari Prasetya Andi Rachman
Comments
Loading...