Lukisan “Nomophobia” (Afriani)

Nomophobia - Afriani
0 35.819

Lukisan Nomophobia merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Afriani.

  • Pelukis : Afriani
  • Judul : “Nomophobia”
  • Tahun : –
  • Ukuran : 55.1 H x 55.1 W x 2 in
  • Media : Oil on Canvas

Deskripsi Lukisan Nomophobia

Fenomena media sosial (medsos) mengguncang dunia! (Tanpa) secara sadar mengubah peradaban umat manusia sebagai sosial dan budaya. Hampir seluruh masyarakat. Indonesia menduduki peringkat ke-4 di dunia sebagai pengguna media sosial. Dalam karya Afriani (NOMOPHOBIA), ia ingin berbagi tentang dampak dunia maya (media sosial) dalam kehidupan sehari-hari.

Dunia yang membuat pengguna melupakan diri sendiri, kehilangan jejak waktu dan melupakan kesadaran sebagai makhluk sosial. Banyak kejadian / keajaiban di dunia nyata yang aslinya berasal dari dunia maya (media sosial). Ada yang bagus tapi banyak yang buruk. Proses instan dalam segala hal dengan liputan mulus sebagai salah satu daya tarik media sosial. Tak hanya itu, bahasa tubuh manusia bisa diganti dengan simbol ala medsos bahasa tubuh (emosi). Dengan hal sepele lainnya (medsos pengguna) tebak mood / perasaan pengguna lain. Erosi interaksi antara orang (saudara) secara langsung (tatap muka), namun diganti dengan interaksi via medsos. Terkadang bukan solusi yang didapat tapi menambahkan masalah baru karena interaksi intim dengan orang yang tidak jelas (anonim). Pengguna medsos begitu pribadi menyendiri, asyik dengan dunianya sendiri. Ada penelitian baru di dunia IT di Inggris, bahwa akan ada penyakit baru yang segera masuk dalam daftar penyakit. NOMOPHOBIA (tidak ada fobia ponsel) adalah rasa takut akan pemisahan pengguna dengan gadget / smartphone favoritnya. Penyebab gadget / smartphone kehabisan tenaga (low batteray) atau kehabisan jatah internet. Efek sampingnya bisa jadi histeris atau bingung pengguna (die style).

Fenomena ini bisa dilihat di tempat umum atau di angkutan umum, pengguna lebih asyik bermain dengan gadget daripada ngobrol dengan teman / saudara. Akhirnya, keseimbangan adalah kunci dalam mengatasi fenomena medsos ini. Manfaatkan perkembangan teknologi informasi dengan baik dan alami tanpa harus meninggalkan kehidupan sosial dan budaya disekitar kita.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informaasi Lukisan Indonesia Afriani
Comments
Loading...