Lukisan Nyi Roro Kidul

Sejarah Mistis dan Realigi Sebuah Lukisan

Karya Basuki Abdullah
0 3.972

Lukisan “Nyi Roro Kidul” merupakan satu dari 200 karya Basoeki Abdullah yang dikoleksi Presiden ke-1 RI, Sukarno.

Lukisan Nyi Roro Kidul
  • Pelukis: Basuki Abdullah
  • Tahun: 1955
  • Judul : ” Nyi Roro Kidul ”
  • Media : Oil on Canvas
  • Aliran : Realisme

Sejarah Lukisan

Menurut cerita, Basoeki Abdullah mulai melukis sosok Nyi Roro Kidul sejak ia masih berusia belasan tahun. Ketika itu, beliau sering menghabiskan waktu untuk berdiam diri di Pantai Parangtritis. Akhirnya, ia pun memutuskan untuk melukis sosok Nyi Roro Kidul setelah merasa pernah bertemu dengan sang Ratu. Namun, karena sempat kebingungan memikirkan sosok Nyai Roro Kidul yang menurut mitos memiliki paras yang sangat cantik dan anggun, ia pun sempat mencari seorang model untuk lukisannya. Akhirnya, Nyonya Harahap diminta untuk menjadi model lukisan tersebut. Namun, kabarnya setelah selesai dilukis, sang model divonis mengidap kanker hingga akhirnya meninggal dunia. Awalnya, Basoeki hanya menganggap kejadian tersebut sebagai sebuah kebetulan saja. Tetapi, pada kenyataannya, semua model yang pernah dilukisnya untuk tema yang sama juga mengalami hal yang tidak menyenangkan.

Simbol Tersirat

  1. Sosok Nyai Roro Kidul dalam lukisan terlihat mengenakan pakaian berwarna hijau. Warna hijau dipercaya masyarakat dapat memanggil Nyai Roro Kidul.
  2. Lukisan ini memberikan artistik yang sangat kuat dari sisi pengambilan warna dan tekstur lukisan yang memberi kesan mistis dalam lukisannya dan dia juga menampilkan background lautan dimana lautan dikenal sebagai tempat Nyai Roro Kidul tinggal.
Source Informasi Lukisan Indonesia Fenomenal Lukisan Nyi Roro Kidul Lukisan Nyi Roro Kidul Karya Basuki Abdullah
Comments
Loading...