Lukisan “Ocean Cry” Karya A. C. Andre Tanama

Ocean Cry - A. C. Andre Tanama
0 2.169

Lukisan “Ocean Cr” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, A. C. Andre Tanama.

Ocean Cry – A. C. Andre Tanama
  • Pelukis : A. C. Andre Tanama
  • Judul : “Ocean Cr”
  • Tahun : 2011
  • Media : Mixed Media on Canvas
  • Ukuran : 180 cm x 145 cm

Deskripsi Lukisan “Ocean Cr”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya fine art, surealisme, kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan media campuran di atas kanvas. 

Perjalanan Karier

Andre Tanama lahir dalam keluarga Ciwa (Cina dan Jawa). Ayahnya bernama Tan Kian Bie (Albert Ryanto) dan ibunya bernama Caecilia Ruwini. Ayahnya bekerja wiraswasta di bidang percetakan dan ibunya sebagai ibu rumah tangga. Andre merupakan anak kedua dari 4 bersaudara. Mereka sekeluarga tinggal di Sidomulyo, Tegalrejo, Yogyakarta.

Karakteristik Karya

Andre tanama, pegrafis yang juga melukis dan membuat patung, telah menciptakan dua karakter khas untuk mengisi karya-karyanya. Selain Wayang monyong, Andre juga menciptakan tokoh gadis kecil yang diberinama Gwen Silent.

Kelahiran dua tokoh tersebut, sebenarnyadilandasi oleh Latar belakang kehidupan Andre, yang mana itu juga mendasari karya-karyanya yang lainDan untuk memahami dunia seni Andre, kiranya perlu juga ditengok latar belakang kehidupannya, baik sosial, psikologi, maupun kulturalnya.

Tema Lukisan

Fase-fase awal pencarian untuk dunia seninya, Andre sering menggarap tema-tema keagamaan, khususnya yang berkaitan dengan kisah-kisah penyaliban dan sengsara Yesus. Pada fase ini, Andre sedang mencari ikon atau metafor yang dapat menyalurkan trauma psikologis yang mendalam.

Gwent Silent

Gwen Silent sebagai metafora yang direnungkan oleh Andre Tanama sesungguhnya sebuah pencarian yang sifatnya universal. Ada yang tak terbatas yang membuat kita kerdil, tapi kita tak perlu menampik. Semua manusia harus merasakanya dan mengakuinya. Dalam lukisannya, ada sebuah pengalaman estetis sedemikian itu. Menarik!

Karya-karya Andre Tanama tentang Gwen Silent memang gambaran manusia yang meniadakan kekuatan indera. Andre Tanama sendiri menulis demikian: Boleh jadi kita tak mau memakai mata kita untuk melihat, namun dalam gelapun cahaya-Nya bersinar terang. atau boleh jadi kita menutup mulut kita rapat, namun Dia tetap tahu semua keluh kesah kita.

Gwent Silent memiliki karakter yang amat khas yaitu digambarkan tidak memiliki mulut dan mata yang hampir selalu tertutup dalam setiap karya.

Karakter visual tanpa mulut pada tokoh Gwen Silent terasa pas, karena silent berarti sunyi. Dan ketika akhirnya Andre mengeksplorasi tema lingkungan, ciri visual ini menguatkan karakter Gwen Silent yang merupakan penggambaran dari planet bumi yang seakan hanya bisa diam menerima semua perlakuan manusia.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/a-c-andre-tanama https://pasar-seni-indonesia.blogspot.com/2017/09/mengulas-tentang-karya-ac-andre-tanama.html?m=1
Comments
Loading...