Lukisan “Omega” Karya Riandy Karuniawan

Omega - Randy Karuniawan
0 2.208

Lukisan “Omega” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Riandy Karuniawan.

Omega – Randy Karuniawan
  • Pelukis : Riandy Karuniawan
  • Judul : “Omega”
  • Tahun : 2015
  • Media : Oil on Figueras Paper
  • Ukuran : 63 cm x 48 cm

Deskripsi Lukisan “Omega”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya surealisme, realisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat minyak di atas kertas. Konsep secara keseluruhan dalam beberapa karyanya sangat kental dengan berbagai fenomena masa kecilnya hingga saat ini. Karya-karyanya dikemas sedemikian rupa melalui objek, warna  dan lain sebagainya dengan penekanan penuh pada aliran surealisme.

Perjalanan Karir

Riandy Karuniawan adalah sosok seniman/ilustrator kelahiran Aceh dan memilih Bandung sebagai kota untuk mengembangkan potensinya dalam arsitektur dan seni. Sosok yang kerap dipanggil Andy ini merupakan mahasiswa lulusan Arsitek Unpar Bandung dan memilih teknik ilustrasi lukis. Karya lukisannya telah menjadi kebutuhan para musisi lokal seperti Suri, Ghaust, Homicide, Komunal, Rajasinga, dll. Karyanya itu telah menghiasi berbagai artwork album hingga kaus band. Kini, Riandy menciptakan sosok bernamakan ‘Sathar’ yang berlandaskan sebuah kesadaran.

Karakteristik Lukisan

Riandy Karuniawan, seorang seniman visual yang tertarik dalam menjelajahi cara kerja pikiran yang tercemar oleh gagasan manusia.  Dalam karyanya akan diperlihatkan interpretasi Riandy terhadap bentuk-bentuk alami dan landscape psychedelic dimana Riandy mengajak penikmat seni untuk mempercayai upayanya untuk membebaskan mata pikiran dari representasi yang bias. Bagi yang ingin merasakan menjadi bagian dalam medan fantasi ini, kacamata 3D akan tersedia untuk membantu kamu menyelam ke dalam dunia mistis yang Riandy ciptakan.

Dalam berkarya, ia sangat terpengaruh oleh karya-karya fantasi dan sureal. Sedari kecil Riandy terbiasa dan sangat menggemari karya-karya fantasi dari dongeng agama, film serial kepahlawanan Jepang, animasi, dan komik sampai ia mengenal surealisme dari karya-karya Salvador Dali. Randysadar elemen-elemen tersebut sangat mempengaruhi kekaryaan saya saat ini. Seniman yang menginfluens dirinya banyak sekali seperti Arik Roper, Moebius, Roger Dean, Salvador Dali, Akira Toriyama, Amenkcoy, dan Morrg.

Media dan konsep Lukisan

Riandy selalu mengeksplorasi berbagai media dan medium pada setiap karyanya, salah satunya dengan teknik cetak tinggi sablon yang diaplikasikannya pada permukaan kaos dan kertas.

Dari tataran konsep, penggunaan kacamata 3D pada karya Riandy adalah bentuk respon akan fenomena penggunaan psychedellic drugs seperti ganja, magic mushroom, dan LSD. Ia menyimbolkan kacamata 3D sebagai psychedellic drugs tersebut, yang mampu memberikan pengalaman trip menuju alam psikedelia.  Sedangkan di tataran teknis, ia menggunakan kacamata 3D sebagai bentuk eksplorasi kemungkinan-kemungkinan medium kekaryaannya.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/riandy-karuniawan https://www.djarumcoklat.com/article/riandy-karuniawan--ilustrasi-dalam-bidang-musik-itu-mentransformasi-suara-menjadi-visual?page=29
Comments
Loading...