Lukisan “Orang Besar Orang Kecil Perlu KKN” Karya Bambang Toko Witjaksono

Orang Besar Orang Kecil Perlu KKN
0 1.251

Lukisan “Orang Besar Orang Kecil Perlu KKN” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Bambang Toko Witjaksono.

Orang Besar Orang Kecil Perlu KKN
  • Pelukis : Bambang Toko Witjaksono
  • Judul : “Orang Besar Orang Kecil Perlu KKN”
  • Tahun : 1998
  • Media : Marker on Paper
  • Ukuran :  cm x cm

Deskripsi Lukisan “Orang Besar Orang Kecil Perlu KKN”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya mural, grafiti. Dengan teknik melukis menggunakan media spidol di atas kertas.

Karya-karya Bambang kebanyakan berupa komik yang disertai pesan teks. Tentang media lukis, Bambang tidak terpaku pada kanvas saja, tapi juga media lain seperti bak truk, kain, dinding, dan kertas.

Perjalanan Karier

Bambang Witjaksono yang sering dijuluki “Toko” (lahir di Yogyakarta, 27 Maret 1973; umur 46 tahun) adalah seorang seniman grafis dan kurator  yang dikenal pada tahun 90-an. Telah berkarya sejak tahun 1991, ia telah mengadakan delapan pameran tunggal.

Bambang yang tercatat sebagai dosen di Institut Seni Indonesia, Yogyakarta, sejak tahun 2001 ini memilih magang untuk manajemen seni rupa di Charles Darwin University yang didukung pula oleh Asialink Centre. Banyak pameran yang pernah ia lakukan sebelumnya, di Indonesia, tepatnya di Kedai Kebun Forum, ia pernah memamerkan karya bertajuk Gareng Petruk (Tribute to Tatang S, 2004) dan juga Totally Smoke di Lembaga Indonesia Perancis, Yogyakarta (2001). Lulusan Institut Teknologi Bandung jurusan seni rupa ini juga pernah tercatat sebagai seniman magang di Liechtenstein, Switzerland pada tahun 2003, dan juga di New Delhi India pada tahun 2006.

Konsep Lukisan

Bambang adalah seniman yang cukup sering berpameran di luar negeri. Karyanya dapat dengan mudah kita kenali, karena Bambang Toko mempunyai ciri khas yang cukup kuat dalam berkarya, ia sering kali menggunakan ilustrasi komik vintage sekitar tahun 80-an yang dipadu dengan warna-warna pop art, di beberapa karyanya ia juga sering kali ia memasukan narasi.

Selain tergabung dalam sebuah kelompok pencinta dan pembuat komik, apotik komik, Bambang Toko juga sering diundang menjadi pembicara untuk pokok bahasan grafis, permasalahan komik dan pernah juga menjadi konsultan media untuk bidang desain. Karya komiknya juga tak kalah banyak, kesibukan bukan alasan untuk menjadi tidak produktif. Karya-karyanya pun sangat sensitif menangkap fenomena sosial yang terjadi di sekeliling kita. Sebut saja karya komik yang pernah dibuatnya berjudul Marsinah, Reformasi, Hemat BBM, dan Pesan Terakhir Suharto yang dibuat sebelum tahun 2000.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source http://archive.ivaa-online.org/pelakuseni/bambang-toko-witjaksono-1 http://archive.ivaa-online.org/pelakuseni/bambang-toko-witjaksono-1/page:1 https://nasional.kompas.com/read/2008/09/15/1925313/bambang.witjaksono.pameran.pigtografi.di.darwin
Comments
Loading...