Lukisan “Padang Rumput dan Pohon Pisang” Karya Yustoni Volunteero

Padang Rumput dan Pohon Pisang - Yustoni Volunteero
0 6.361

Lukisan “Padang Rumput dan Pohon Pisang” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Yustoni Volunteero.

Padang Rumput dan Pohon Pisang – Yustoni Volunteero
  • Pelukis : Yustoni Volunteero
  • Judul : “Padang Rumput dan Pohon Pisang”
  • Tahun : 2014
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran : – cm x – cm

Deskripsi Lukisan “Padang Rumput dan Pohon Pisang”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya dekora magis, kontemporer, abstrak, dan realisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat minyak di atas kanvas. Sekilas, karya-karya Yustoni seperti lukisan anak kecil. Bentuk-bentuk yang kaku dan tidak proposional. Seperti dibuat asal-asalan, aneh, bahkan tak masuk akal.

Perjalanan Karier “Taring Padi”

Bersama teman-teman seniman Yogya, paruh kedua 1998, Yustoni Volunteero mendirikan Taring Padi, sebuah komunitas seni rupa kerakyatan. Garis orientasi estetikanya kurang lebih berupaya menggeluti seni rupa realisme sosial yang kekiri-kirian haluan politiknya.

Taring Padi menjadi ruang ekspresi penting seorang Yustoni. Aktivitas seninya adalah juga aktivitas politik yang cukup relevan untuk mengisi masa pancaroba setelah jatuhnya rezim Orde Baru untuk memasuki era Reformasi. Itu masa-masa penting ketika masyarakat yang telah 3 dasawarsa dikungkung oleh pemerintahan yang totaliter di bawah Soeharto, tiba-tiba menikmati kebebasan penuh. Yustoni dan Taring Padi bisa dibilang sebagai “art-tivist” karena beberapa aktivitas seninya dipraktikkan secara langsung dengan publik sebagai kolaboratornya.

Objek dan Teknik Lukisan

Karya-karya Yustoni bukan sekadar sebuah karya yang menampikan kecenderungan menghias semata. Namun lebih dari itu, karyanya dapat dibaca sebagai penegasan posisi estetisnya atas aliran dekora-magis. “Sebuah kecenderungan mendekor bidang dengan suatu makna spiritual tertentu”.

Dalam karya-karyanya, Toni lebih menampilkan warna-warna yang berani. Ia banyak membingkai karyanya dengan sapuan warna yang kuat.

Karya Toni selalu bersifat personal. Mewakili dirinya yang selalu berhubungan dengan makhluk lain di sekitarnya. Manusia, hewan, dan tumbuhan. Tanah, air, udara, api, semua unsur bumi ada dalam benaknya.

Uniknya, Toni terkadang tidak memakai deskripsi karya yang menerangkan bahan, ukuran, ataupun medium karya. Biasanya, dalam sebuah karya lukisan, deskripsi karya ditempatkan di bawah judul. Alih-alih memakai deskripsi karya yang lazim, Toni malah keluar dari konteks itu. Ia membuat deskripsi karya ala Toni, yakni sebuah puisi. Tentunya tatanan kata itu akan lebih memancing imajinasi dan tafsir, serta interpretasi yang sedemikian bebas untuk para penikmat karya Toni.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/yustoni-volunteero http://blog.negerisendiri.com/blogpage.php?judul=301
Comments
Loading...