Lukisan “Pantai Papuma” (Imam Buchori Puja)

Pantai Papuma - Imam Buchori Puja
0 3.584

Lukisan Pantai Papuma merupakan salah satu  karya perupa seni lukis Indonesia, Imam Buchori Puja.

Pantai Papuma – Imam Buchori Puja
  • Pelukis : Imam Buchori Puja
  • Judul : “Pantai Papuma”
  • Tahun : –
  • Media : Oil On Canvas
  • Ukuran : 145 cm x 90 cm

Deskripsi Lukisan Pantai Papuma

Lukisan ini merupakan lukisan ekspresionis, realism dengan bahan cat minyak di atas kanvas.

Dalam lukisan ini, pelukis menggambarkan imajinasinya tentang keindahan Pantai Papuma.

Makna Lukisan

Pantai Papuma adalah sebuah pantai yang menjadi tempat wisata di Kabupaten Jemberprovinsi Jawa TimurIndonesia.

Kata “Papuma” berasal dari akronim Pasir Putih Malikan. Sesuai dengan namanya Pantai Tanjung Papuma adalah sebuah penjorokan daratan ke laut dengan pantai pasir putih. Tidak hanya pasir putih yang terdapat di Papuma, batu-batu hijau, hitam, dan putih beraneka bentuk terhampar di sisi barat Papuma yaitu Pantai Malikan. Inilah perbedaan Papuma dengan pantai- pantai di sekitarnya. Di timur Papuma ada Pantai Watu Ulo dan Pantai Payangan yang berpasir hitam. Perbedaan ini mampu mendatangkan pengunjung lebih banyak ke Papuma dari pada Watu Ulo dan Payangan.

Tanjung Papuma menyuguhkan keindahan alam pantai didukung dengan ekosistem pantai yang terjaga. Di bagian timur, pantai berpasir putih terhampar dari utara ke ujung selatan tanjung, Siti Hinggil. Di beberapa tempat terdapat batu karang yang masih utuh ditemani beberapa bongkah batu karang bulat pipih terukir ombak, membentuk pantai batu putih. Tepat di timur Siti Hinggil terdapat batuan besar yang menyerupai kodok dan mahkota Dewa Narada. Kedua batu karang tersebut dinamakan Batu Kodok dan Batu Narada. Di sebelah selatan Siti Hinggil terdapat sebuah bukit batu besar yang menunjukkan bukti-bukti pernah menjadi satu daratan dengan Pantai Malikan. Ada jalur bebatuan yang menciptakan laut sangat dangkal antara pantai dengan batu tersebut. Di kejauhan sebelah barat terdapat beberapa batu-batu besar dan kecil selalu menampilkan semburat air laut yang menerjangnya. Ekosistem pantai menawan akan membuat wisatawan kerasan berlama-lama menikmati pemandangan. Rimbunnya pohon pada formasi baringtonia yang berada di utara Siti Hinggil dimanfaatkan oleh para pedagang menyajikan ikan segar, es kelapa muda, dan aneka ragam kuliner yang menambah kesan wisata alami khas pantai.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source paintingsindonesia.com http://paintings-indonesia.blogspot.co.id/2013/04/papuma-beach-ib-puja.html?m=1 https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pantai_Papuma_Jember
Comments
Loading...