Lukisan “Pasang” Karya Yos Suprapto

Pasang - Yos Suprapto
0 2.461

Lukisan “Pasang” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Yos Suprapto.

Pasang – Yos Suprapto
  • Pelukis : Yos Suprapto
  • Judul : “Pasang”
  • Tahun : 2017
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 145 cm x 175 cm

Deskripsi Lukisan “Pasang”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya realisme, kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas. Dalam lukisan ini pelukis menggambarkan lansekap alam dimana bebatuannya membentuk tubuh manusia sedang terlentang dengan kaki ditekuk, dan air mengalir diantara sela-selanya.

Karya Yos memiliki keberbagaian kesan dan pesan, yang langsung dan lantang tapi juga terdapat yang lembut dan simbolik. Ringkas cerita, koleksi karya Yos Suprapto mengandung kegalauan seluruh dimensi berkehidupan di Indonesia.

Tema Lukisan

Yos Suprapto dikenal sebagai pelukis Indonesia yang akrab dengan karya yang bertautan dengan masalah sosial, lingkungan, dan perkembangan baru situasi politik nasional.

Secara tema, sosok yang aktif berkarya sejak era 1970-an ini begitu sering berkutat pada isu sosial yang menyampaikan kritik atas praktik korupsi di lingkup elite. Dalam setiap karyanya,  Yos tampak banyak menyinggung perihal gejolak isu sara yang mengganggu perdamaian Indonesia. Gejolak dan persepsi subjektif tentang suatu golongan tertentu, membutakan masyarakat pada fakta objektif hingga sejarah bangsa yang harusnya mendapati porsi lebih.

Mencermati lukisan Yos terasa seperti membaca lembaran tentang sejarah Nusantara. Melalui lukisan, Yos memberikan perspektif berbeda pada beberapa peristiwa bersejarah di negeri ini.

Bila diamati, karya lukis Yos banyak menggunakan simbol-simbol alam seperti matahari, lautan, hingga air.

Teknik Lukisan

Secara teknik, ciri khas seniman kelahiran 26 Oktober 1952 ini terletak pada sapuan kuasnya di atas kanvas. Goresannya seringkali menciptakan gradasi ataupun campuran warna vibrant yang kadang memberi kesan psychedelic. Ia banyak menampilkan objek figur yang digabungkan dengan lanskap alam atau kota.

Permainan garis dan warna menjadi ciri khas sangat provokatif dari lukisan Yos. Ada warna hitam, merah, nuansa biru, aneka hijau, coklat, kuning, ungu, jingga, dan putih. Warna-warna tersebut ditampilkan dengan daya visual yang kuat dan keras sifatnya, bersanding satu sama lain yang tampil sebagai komposisi yang tidak halus atau lembut, seperti ada ketegangan. Ada tema sosial, politik, budaya, ekologi, kemanusiaan, semacam komponen-komponen utama dalam kehidupan di negeri ini.

Yos tetap mempertahankan estetika berupa garis, warna, dan gaya, meski tema sosial yang kerap diangkat. Dalam lukisan-lukisannya, komentar dan kritik sosial dihadirkan dalam bahasa simbolisme.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/yos-suprapto http://sinarharapan.net/2017/10/rekam-jejak-pelukis-yos-suprapto/
Comments
Loading...