Lukisan “Payangan” (Imam Buchori Puja)

Payangan - Imam Buchori Puja
0 3.582

Lukisan Payangan merupakan salah satu  karya perupa seni lukis Indonesia, Imam Buchori Puja.

Payangan – Imam Buchori Puja
  • Pelukis : Imam Buchori Puja
  • Judul : “Payangan”
  • Tahun : –
  • Media : Oil On Canvas
  • Ukuran : 145 cm x 90 cm

Deskripsi Lukisan Payangan

Lukisan ini merupakan lukisan landscape, nature, ekspresionis dengan bahan cat minyak di atas kanvas.

Dalam lukisan ini, pelukis menggambarkan imajinasinya tentang pemandangan alam di Payangan.

Makna Lukisan

Payangan berjarak 35 km dari kota Gianyar – Bali – Indonesia, yang terletak di barat daya Gianyar, memiliki lanskap dan sawah eksotis yang memiliki cuaca dingin sehingga cocok untuk agrowisata.

Payangan yang dilalui oleh sungai Ayung bisa mengundang investor untuk pengembangan akomodasi dan alam wisata, seperti pembangunan hotel, wisata air rafting. Tapi kabupaten ini berpotensi untuk pertanian meluas. Jika Anda melanjutkan perjalanan ke utara kabupaten Payangan “Padi” justru tepat berada di desa.

Kita akan menikmati hamparan sawah yang luas. Payangan memiliki beberapa objek di bidang agro-wisata yang potensial untuk meningkatkan pendapatan daerah meliputi: tutupan sehingga mudah untuk menemukan hamparan sawah di kabupaten yang memiliki 9 desa. Dengan luas wilayah seluas 75,88 km2 ini berpotensi untuk pertanian dalam arti luas.

Sejarah Payangan berhubungan erat dengan kisah perjalanan Rsi Markandya yang berasal dari tanah Jawa ke Pulau Bali. Dia mendirikan beberapa parahyangan/tempat suci umat Hindu sebagai tempat pemujaan yang masih dapat dilihat keberadaanya hingga sekarang ini. Di sinilah kemudian muncul kata parahyangan yang lambat laun berubah ejaan menjadi Payangan. Parahyangan sendiri memiliki arti tempat bersemayamnya para Dewata.

Di kecamatan Payangan ini juga pernah berdiri sebuah kerajaan dengan nama yang sama yaitu Kerajaan Payangan (1735 – 1843). Dimana runtuhnya kerajaan ini disebabkan oleh serangan dari Kerajaan Buleleng yang kemudian kisah ini tertulis di dalam naskah geguritan uwug payangan yang hingga kini masih tersimpan di Gedong Kirtya Singaraja.

Selain itu di Kecamatan ini juga dapat dijumpai Sarkofagus yaitu sebuah peti jenazah yang terbuat dari batu padas. yang ditemukan di dua desa yaitu desa Bukiandi temukan 1 buah sarkopagus dan di Banjar Marga Tengah, desa Kerta .

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source paintingsindonesia.com http://paintings-indonesia.blogspot.co.id/2013/04/payangan-ib-puja.html?m=1 https://id.m.wikipedia.org/wiki/Payangan,_Gianyar
Comments
Loading...