Lukisan “Pemandangan Pagi” (Labadiou Piko)

Pemandangan Pagi - Labadiou Piko
0 1.545

Lukisan Pemandangan Pagi merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Labadiou Piko.

Pemandangan Pagi – Labadiou Piko
  • Pelukis : Labadiou Piko
  • Judul : “Pemandangan Pagi”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic, Oil Pastel, Carbon and Pencil on Paper
  • Ukuran : 28 H x 22 W x 2 in

Deskripsi Lukisan Pemandangan Pagi

Lukisan ini merupakan lukisan figurative dengan gaya abstrak. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik dan bahan lain di atas kertas. Dalam lukisan ini, pelukis mencoba menggambarkan imajinasinya tentang pemandangan pagi.

Makna Lukisan

Pagi hari yang cerah selalu di tandai dengan matahari terbit atau arunika adalah peristiwa di mana sisi teratas Matahari muncul di atas horizon di timur. Matahari terbit tidak sama dengan fajar, di mana langit mulai terang, beberapa waktu sebelum Matahari muncul, mengakhiri twilight (peristiwa cahaya Matahari terlihat mulai akhir senja hingga fajar). Karena refraksi atmosfer menyebabkan Matahari masih dapat terlihat sementara berada di bawah horizon, Matahari terbit dan Matahari terbenam adalah, dari satu sudut pandang, ilusi optik. Matahari juga muncul lebih besar di horizon, tetapi hal ini merupakan ilusi optik lainnya, sama dengan ilusi bulan.

Revolusi Matahari ke barat mengitari bumi setelah keluar dari horizon disebabkan rotasi Bumi ke timur, sebuah revolusi berlawanan jarum jam ketika dilihat dari atas Kutub Utara. Ilusi ini sangat meyakinkan bahwa banyak budaya memiliki mitologi dan agama yang dibuat berdasarkan model geosentris. Efek yang sama dapat dilihat dengan satelit dekat kutub.

Sunrise selalu identik dengan perubahan warna langit dengan kontras yang begitu jelas. Warna langit pagi saat matahari mulai muncul akan betransformasi dari warna gelap menjadi jingga, kuning hingga akhirnya jelas terlihat gumpalan awan putih pada hamparan sisi langit yang biru.

Fenomena sunrise merupakan hal yang syarat akan makna kehidupan di dunia fana ini. Ketika sunrise terjadi, maka disitulah awal kehidupan di hari yang baru dengan segala harapan dan perjuangan mengarungi berbagai tantangan hidup. Optimisme dan semangat melangkah di pagi hari dengan matahari yang baru saja terbit walaupun mungkin saja di hari kemarin terasa berat menjalani hidup tanpa harapan.

Itulah sekilas tentang pagi yang menjadi inspirasi bagi Labadiou Piko dalam penciptaan karya lukisan ini.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Pemandangan-Pagi-The-Morning-Landscape/68393/2333808/view
Comments
Loading...