Lukisan “Penari” (I Gusti Nyoman Lempad)

merupakan ungkapan sebuah episode klasik Calon Arang

Penari karya I Gusti Nyoman Lempad
0 249

Lukisan Penari merupakan salah satu karya I Gusti Nyoman Lempad yang merupakan ungkapan sebuah episode klasik Calon Arang.

  • Pelukis : I Gusti Nyoman Lempad
  • Judul : “Penari”
  • Tahun : 1978
  • Media : Tinta cina pada kertas
  • Ukuran : 32 cm x 24 cm

Deskripsi Lukisan Penari

Lukisan ini menunjukkan kekuatan gaya pribadi Lempad yang merupakan corak Bali baru dalam mengembangkan sumber wayang gaya Kamasan. Dalam karya ini digambarkan figur Rangda dengan rambut terurai, mata melotot, bertaring, lidah menjulur, dan payudaranya menggantung. Figur ini merupakan penjelmaan Calon Arang. Di kanan kiri Rangda ada Sisian, yaitu dua wanita pengiring yang merupakan murid Calon Arang.

Makna Simbolik

Dalam lukisan ini lebih khusus lagi yang diungkapkan adalah adegan nge’reh, yaitu perubahan wujud Calon Arang menjadi Rangda. Selain dengan ciri-ciri ikonografis di atas, tanda yang lain adalah kaki kirinya  diangkat sebatas lutut. Calon Arang yang kecewa karena lamaran anaknya ditolak oleh Raja Erlangga, menjadi marah dan membuat kerusuhan, serta menyebarkan penyakit. Nilai simbolis yang diungkap karya ini adalah perang abadi antara kebaikan dan kejahatan, selama kehidupan masih berlangsung di muka bumi ini.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia Lukisan Penari
Comments
Loading...