Lukisan “Pendarmu Samar, Suram” Karya Roby Dwi Antono

Pendarmu Samar, Suram - Roby Dwi Antono
0 5.461

Lukisan “Pendarmu Samar, Suram” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Roby Dwi Antono.

Pendarmu Samar, Suram – Roby Dwi Antono
  • Pelukis : Roby Dwi Antono
  • Judul : “Pendarmu Samar, Suram”
  • Tahun : 2014
  • Media : Watercolor on Paper
  • Ukuran : 26 cm x 27 cm

Deskripsi Lukisan “Pendarmu Samar, Suram”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya pop surealisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat air di atas kertas. Objek yang terus hadir dalam karya-karya Roby salah satunya adalah kelinci, atau yang disebutnya sebagai kincy. Bukan tanpa sebab, namun kesukaan Roby pada kelinci sudah terbentuk sejak kecil dan menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Kelinci seringkali menjadi alterego sang seniman, yang selalu membawa cerita berbeda di tiap karya.

Perjalanan Karier

Roby Dwi Antono adalah pelukis muda berbakat kelahiran 30 Oktober 1990 yang mempunyai kebiasaan menggambar sejak kecil, ketertarikannya tersebut mengantarkan Roby pada bangku pendidikan menengah kejuruan Grafika dengan peminatan Desain Grafis. Berbekal ilmu dari sekolah tersebut, Roby yang kini juga menjadi seorang ilustrator di Yogyakarta, mengaku proses belajar menjadi seorang pelukis dilakukannya secara otodidak.

Karakteristik Karya

Bagi banyak orang yang menikmati karya Roby, karya-karya yang ia sajikan terkesan menghipnotis. Roby mencampurkan unsur khalayan anak-anak dengan gaya pop surealis dalam lukisannya. Maka terciptalah karya seni yang sedikit aneh dan menyeramkan dengan unsur-unsur kanibalisme, kesedihan, dan kekerasan namun ada kesan lain yang segar di dalamnya.

Dirinya terinspirasi karya Mark Ryden dan Marion Peck yang memiliki kesan sureal dan imajinatif. Dimana dalam karya mereka kerap menampilkan suasana sendu dan misterius namun tetap renyah dinikmati.

Lambat laun Roby mulai meninggalkan kiblat Mark Ryden, namun dirinya tetap bermain dalam gaya pop surealis. Sehingga karya Roby tetap memiliki unsur teka-teki, lucu, imut, sedih, bahagia, dan misteri yang mengarah pada dunia mimpi. Hal inilah yang membuat orang menjadi penasaran dan menimbulkan multi interpretasi.

Tema Lukisan

Karya-karya Roby sarat akan kesan dramatik, melankolis, dan menimbulkan ironi dari unsur yang bertentangan di dalamnya. Seperti kebanyakan karyanya, sosok-sosok perempuan yang dilukis terkesan tenang dan hidup. Anehnya, tema-tema surealis yang dibawa Roby ke dalam karyanya terkesan sangat riil, berkat teknik seni rupa realis yang kuat.

Penguasa Teknik Digital dan Manual

Tidak hanya terpatok dengan satu teknik saja, Roby hingga sekarang masih terus berkembang sebagai seniman visual. Terus mengendarai ombak, Roby yang pernah belajar desain grafis juga menajamkan kemampuan digitalnya. Seperti tidak pernah lelah mencoba dan menggali hal baru. Saat ini Roby berhasil dikenal sebagai young wanted artist yang menguasai kedua teknik; digital dan manual.

Walaupun idealismenya kuat sebagai seniman perupa, pembelajaran yang bisa kita angkat adalah bahwa Roby tidak pernah memilih-milih teknik dalam penggarapan karyanya. Siapapun yang tertarik dalam dunia visual atau rupa, digital dan manual adalah dua teknik yang bisa dipelajari untuk terus mengasah kemampuan kesenimanan.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/roby-dwi-antono https://sarasvati.co.id/online/07/mengenal-dunia-surealis-perupa-muda-roby-dwi-antono/
Comments
Loading...