Warning: unlink(/tmp/fa1af991f54a0c3995e92ca7ef317fde-59C98V.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/lukisanku.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 158

Lukisan “Perahu Senja” Karya Feri Raharjo

Kehidupan pantai dikala senja

Perahu Senja Karya Feri Raharjo
0 5.814

Lukisan Perahu Senja karya Feri Raharjo menampilkan suasana pantai di waktu senja dengan perahu–perahu yang sedang berlabuh dan juga para nelayan yang sedang beraktivitas dikala senja. Yang menjadi subject matter lukisan ini adalah perahu dan langit yang menunjukkan suasana senja. Kemudian subjek pendukungnya berupa pantai dan nelayan. Unsur warna yang terdapat pada lukisan adalah warna coklat pada perahu, kuning kecoklatan dan abu-abu kebiruan pada langit dan matahari senja, kemudian coklat gelap pada pantai dan manusia. Warna yang mendominasi lukisan ini adalah warna abu-abu atau coklat gelap. Unsur rupa lain yang terdapat dalam lukisan berupa unsur garis, tekstur, dan cahaya.

Tekstur lukisan ini adalah tekstur semu, yaitu pada background langit/awan yang terkesan tidak rata / berlapis lapis, pada bagian layar kapal teksturnya juga terlihat, tekstur tekstur pada objek lainnya juga tepat. Kemudian unsur garisnya terdapat pada batas pantai dan langit, perahu, subjek manusia, pohon, dan pada bibir pantai. Dari segi teknik, lukisan ini dibuat dengan sapuan kuas yang halus dan walaupun tidak detail seperti pada lukisan realisme, namun pelukisan objeknya jelas dan gelap terang serta pencahayaannya sesuai dengan arah matahari  yang di lukiskan mengalir dengan natural.

  • Pelukis : Feri Raharjo
  • Judul : ” Perahu Senja”
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran : 76 cm x 92 cm
  • Aliran : Naturalisme
Deskripsi Lukisan Perahu Senja
  • Menggambarkan suasana pantai di waktu senja, dengan perahu nelayan yang sedang berlabuh di pantai.
  • Seniman ingin menunjukkan ketenangan yang tercipta di tepi pantai diwaktu senja .
  • Pelukis cenderung menggunakan warna – warna natural yang menguatkan kesan tenang dan asri sesuai dengan objek lukisan ini yaitu pantai.
  • Pelukis ingin menunjukan aktivitas / kehidupan pantai dikala senja, jadi pelukis lebih menekankan pada konteks sosial.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia Kritik Lukisan Perahu Senja Feri Raharjo
Comments
Loading...