Lukisan “Persabatan 2” (Wayan Sadu)

Persabatan 2 - Wayan Sadu
0 1.640

Lukisan “Persabatan 2” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Wayan Sadu.

Persabatan 2 – Wayan Sadu
  • Pelukis : Wayan Sadu
  • Judul : “Persabatan 2”
  • Tahun : 2004
  • Media : Mixed Media On Canvas
  • Ukuran : 90 cm x 90 cm

Deskripsi Lukisan Persabatan 2

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya realisme, abstrak dan surealisme. Dengan teknik melukis melukis menggunakan bahan campuran di atas kanvas. Dalam lukisan ini pelukis menggambarkan persahabatan antar hewan.

Makna Lukisan Secara Global

Karya Lukisan Wayan Sadu banyak menyuguhkan karya-karya abstrak surealis dengan makna mendalam sebagai ungkapan pergolakan psikologisnya terhadap kehidupan sosial.

Perihal hubungan seni dengan kehidupan sosial memang manjadi masalah yang akan tetap muncul ke permukaan dalam setiap karya yang tercipta seiring perubahan terjadi. Permasalahan tersebut sering dijawab dengan dua persepsi yang masing-masing orang akan mengambil sisi yang sesuai seperti yang mereka harap.

Surealisme merupakan suatu aliran seni yang menunjukkan kebebasan kreativitas sampai melampaui batas logika. Surealisme juga dapat didefinisikan sebagai gerakan budaya yang mempunyai unsur kejutan sebagai ungkapan gerakan filosofis. Surealisme merupakan suatu karya seni yang menggambarkan suatu ketidak laziman, oleh karena itu surealisme dikatakan sebagai seni yang melampaui pikiran atau logika. Karya seni surealisme ini hanya dapat ditafsirkan oleh seorang seniman yang menciptakannya dan sangat sulit bagi seseorang untuk menafsirkan karya seni surealisme tersebut, karena pada hakikatnya surealisme bersifat tidak beraturan atau alurnya melompat-lompat.

Surealisme mengandung makna yaitu aliran yang memiliki hubungan yang erat dengan dunia fantasi perupanya.

Seolah penikmat seni ini diajak untuk berkhayal dan masuk dalam dunia mimpi. Kebanyakan aliran dari seni ini menggambarkan dengan objek-objek yang tidak lazim dan tidak logis seperti memasuki dunia khayalan bahkan dunia mimpi kita ketika terlelap.

Karakter dari seniman aliran ini pun berbeda-beda, seperti halnya Wayan Sadu yang mengkombinasikan antara abstrak, realisme dan surealis.

Karakteristik gaya melukisnya sangat khas; tokoh manusia atau binatang dengan latar belakang yang jelas. Hal ini cukup bisa dimengerti karena dua hal yang paling ia sukai adalah anak-anak dan anjing.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source http://gallery.komaneka.com/ http://gallery.komaneka.com/artis.php?ArtistID=12 https://abrarozora.wordpress.com/2014/03/08/aliran-seni-surealisme/
Comments
Loading...