Lukisan Pertempuran Gatotkaca dan Antasena

Sejarah dan Makna Dibalik Lukisan

Karya Basuki Abdullah
0 1.805

Lukisan “Pertempuran Gatotkaca dan Antasena” merupakan salah satu lukisan Basoeki Abdullah yang terkenal, dan sekaligus turut menjadi titik awal kiprahnya dalam dunia lukis.

Lukisan Pertempuran Gatotkaca dan Antasena
  • Pelukis : Basuki Abdullah
  • Tahun Pembuatan : 1933
  • Judul : “pertempuran Gatot Kaca dan Antasena”
  • Ukuran : 225 x 150 cm
  • Media : Oil on Canvas
  • Aliran : Realisme

Sejarah Lukisan

Pada tahun 1933, Prof. Wolff Schoemacher, seorang guru besar anatomi di Tecnische Hoogeschool Bandung, memberikan kesempatan kepada Basoeki Abdullah untuk memamerkan sebuah lukisan di Jaarbeurs atau Pekan Raya Bandung. Ini merupakan kesempatan langka bagi para pelukis Indonesia karena biasanya yang mengikuti pameran Jaarbeurs adalah para pelukis Eropa saja. Kesempatan yang diberikan Prof. Wolff Schoemacher tersebut betul-betul dimanfaatkan oleh Basoeki Abdullah. Untuk mengikuti pameran lukisan ini Basoeki Abdullah membuat sebuah lukisan besar yang terinspirasi dari Wayang Jawa, yang menceritakan kisah tentang perang antara Gatotkaca dan Antasena untuk memperebutkan Dewi Sembadra. Pemilihan tema lukisan tersebut dikarenakan Beliau tumbuh dalam lingkungan Keraton Surakarta yang akrab dengan dunia wayang.

Deskripsi Lukisan

Gatotkaca sedang terbang di angkasa, ia melihat seorang ksatria berkulit hijau dan bersisik mendekati perahu Dewi Sembadra. Tanpa berpikir panjang ia segera menerjang Antasena karena menduga Antasena adalah pembunuh Dewi Sembadra. Adegan pertempuran Gatotkaca dan Antasena itulah yang kemudian divisualisasikan oleh Basoeki Abdullah dalam lukisannya.

Makna Tersirat

Menurut para ahli, wayang adalah ensiklopedia orang Jawa, karena pada cerita Pertempuran Gatotkaca dan Antasena terkandung suri tauladan yang bisa dijadikan pelajaran bagi umat manusia.

Source Informasi Lukisan Indonesia Lukisan Basuki Abdullah Gatotkaca dan Antasena Makna Lukisan Gatotkaca Dan Antasena
Comments
Loading...