Lukisan “Playmate” Karya I Nyoman Darya

Playmate - I Nyoman Darya
0 3.329

Lukisan “Playmate” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, I Nyoman Darya.

Playmate – I Nyoman Darya
  • Pelukis : I Nyoman Darya
  • Judul : ”Playmate
  • Tahun : 2011
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 175 cm x 200 cm

Deskripsi Lukisan “Playmate”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya kontemporer, ekspresionisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas. 

Melihat karya-karya I Nyoman Darya, kita akan dibuat merasa seolah-olah sedang bercermin. Karena mungkin, citra hedonisme itu telah melekat pada diri kita masing-masing. Lukisan yang hadir membawa serta “lukisan di balik lukisan”, apa yang kita tangkap secara visual membawakan detail, komposisi, satire, dan keindahan.

Tapi di dimensi sebaliknya, sebuah “lukisan yang lebih kompleks” tersaji memenuhi ruang imajinasi kita. Dan kisah yang tersirat di balik lukisan itu akan mengemuka dan menggedor nurani kita sebagai manusia. Justru di sinilah kekuatan sesungguhnya dari lukisan-lukisan Darya ini. Makna dan sentuhan halusnya akan diserap lebih mendalam oleh siapapun yang melihatnya tak hanya dengan mata.

Perjalanan Karir

I Nyoman Darya, mengawali kariernya di seni rupa, dengan melibatkan diri dalam sebuah biro iklan swasta. Ia berasal dari Bali dan merupakan alumnus ISI jurusan Desain Komunikasi Visual. Ketertarikannya dengan lukisan sudah cukup lama, dia cukup intens membaca fenomena dan kejadian-kejadian di Indonesia dan dunia.

Darya dengan cepat menjadi nama yang dikenal di kalangan seniman muda, seni kontemporer, dan karyanya banyak dikoleksi. Karyanya telah ditampilkan di galeri dan pameran sejak 1995, hanya satu tahun setelah lulus.

Pada tahun 1999, ia terpilih sebagai finalis untuk Philip Morris Indonesian Art Award. Sekali lagi pada tahun 2001, ia terpilih sebagai finalis, saat itu untuk IndoFood Art Award.

Tema Lukisan

Karya-karya lukisan Darya lebih mengarah ke figuratif dalam gaya; komposisi berani dan main-main. Lukisan-lukisannya melibatkan penonton, mendorong introspeksi. Menempatkan akrilik ke kanvas dalam seri terbarunya, Darya mengirimkan pesan kompleks kepada umat manusia tentang perkembangan jiwa seseorang.

Karyanya memohon agar kita mempertimbangkan bagaimana tempat dan waktu kelahiran seseorang, garis keturunan seseorang, memberi mereka kebebasan atau menambahkan batasan untuk masa depan mereka. Karya-karyanya baru-baru ini berfokus pada tema warisan: roh dan budaya leluhur kita, dan upaya parodi umat manusia yang sia-sia untuk menyangkal diri.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/nyoman-darya http://www.redseagallery.com/artists/i-nyoman-darya
Comments
Loading...