Lukisan “Poet #1” Karya Ristyo Eko Hartanto

Poet #1 - Ristyo Eko Hartanto
0 2.628

Lukisan “Poet #1” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Ristyo.Eko Hartanto.

Poet #1 – Ristyo Eko Hartanto
  • Pelukis : Ristyo.Eko Hartanto
  • Judul : “Poet #1”
  • Tahun : 2017
  • Media : Watercolor on Paper
  • Ukuran : 37 cm x 27 cm

Deskripsi Lukisan “Poet #1”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya realisme, hiper realisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat air di atas kertas.

Karya-karyanya telah berfokus pada isu sosio-politik sejak awal karir artistiknya dan rangkaian ini dimaksudkan untuk menangkap dinamika kelas menengah Indonesia dari tahun ini. dan seterusnya.

Perjalanan Karir

R.E Hartanto lahir pada tahun 1973 di Bandung, Jawa Barat. Selama 1992-1998, Hartanto mendapat pendidikan di Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung. Hartanto kemudian juga beberapa kali mengikuti residensi dan workshop, antara lain: “Alchemy, The International Masterclass for New Media Artists & Curators” di Brisbane, Australia (2000); “Rijksakademie van Beeldende Kunsten” di Amsterdam, Belanda (2001-2002); “Bessengue City” di Douala, Kamerun (2002); “ARCUS Project”di Ibaraki, Jepang (2003); “Bandung-Helsinki: City Surgery, ISEA2004” di Helsinki, Finlandia (2004); dan “BMW Young Asean Artist Series III” di Singapura (2012).

Karakteristik Lukisan

Dalam setiap karyanya, Ristyo Eko Hartanto telah berfokus pada isu sosio-politik sejak awal karir artistiknya dan rangkaian ini dimaksudkan untuk menangkap dinamika kelas menengah Indonesia dari tahun ini. dan seterusnya. Seri ini dimaksudkan untuk menjadi proyek jangka panjang. Ia memotret teman-teman dan menarik detail mereka ke detail lukisan, tidak terlalu mengkhawatirkan proporsi itu, sehingga ia sedikit mengalami distorsi bentuk. Lalu ia mengoleskan catnya tipis-tipis, berlapis-lapis pada skintone, agar terlihat lebih rentan dan rapuh pada saat bersamaan. Kerentanan ini adalah sesuatu yang mencirikan kelas middleclass pada masa perubahan. Ketidakpastian, dimana harapan dan kecemasan tergantung pada keseimbangan, adalah sesuatu yang pelukis coba sampaikan dalam ungkapan subjek pelukis dalam seri ini.

Media dan konsep Lukisan

Menjadi seorang seniman tentu selalu dianggap cakap dalam menggambar. Mas Tanto punya cara lain menterjemahkan anggapan tadi. Salah satunya adalah bermain dengan banyak media.

Lulusan seni lukis FSRD ITB ini tentu sudah banyak makan asam garamnya melukis. Akan tetapi Mas Tanto juga sangat dikenal sebagai seniman yang techy. Berawal dari keisengannya membuat situsnya sendiri dengan belajar HTML dan berteman dengan banyak web designer dan web programer. Hasilnya Mas Tanto punya blog sejak akhir 90-an yang kebanyakan berisikan tulisan-tulisan dan sketsanya.

Pesan yang bisa diambil dari Tanto ini adalah bahwa kepuasan dalam berkarya harus terus ditumbuhkan. Tidak lekas puas dengan skill yang dimiliki saat ini. Eksperimen skill, material, dan media menjadi sebuah cara lain untuk mengeksplorasi ide-ide dan gagasan berkarya. Satu hal lain sebagai catatan, menjadi seniman yang rendah hati ternyata akan mudah menerima hal-hal baru (seperti perkembangan teknologi) di sekitarnya.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/r-e-hartanto https://rehartanto.art/
Comments
Loading...