Lukisan “Pope” Karya Agung Kurniawan

Pope - Agung Kurniawan
0 1.254

Lukisan “Pope” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Agung Kurniawan.

Pope – Agung Kurniawan
  • Pelukis : Agung Kurniawan
  • Judul : “Pope
  • Tahun : 2012
  • Media : Mixed Media
  • Ukuran : 177 x 65 cm

Deskripsi Lukisan “Pope”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya kontemporer, ekspresionisme. Dengan teknik melukis menggunakan media campuran.

Dalam setiap karyanya, Agung menampilkan serangkaian gambar dengan blabar tebal dan kuat untuk menegaskan sosok-sosok manusia yang digambarnya. Gambar tersebut dinilai dapat membuat penonton mengerti kekontrasan antara dua dunia, seperti manusia dan badut, kegembiraan dan siksaan, serta absurditas dan harapan.

Perjalanan Karier

Agung Kurniawan adalah salah satu seniman kontemporer terpenting di Indonesia. Ia adalah seorang seniman yang bekerja dengan berbagai media. Agung Kurniawan telah mengembangkan karya seninya dalam bidang aktivisme sosial-budaya. Agung percaya bahwa seorang seniman memiliki tanggung jawab sosial yang lebih banyak dan lebih besar daripada sekedar menghasilkan karya artistik. Media tradisionalnya adalah menggambar, tetapi akhir-akhir ini ia bekerja aktif dengan seni pertunjukan dan videografi. 

Karya Agung Kurniawan dianggap cukup “keras” karena tema-tema kekerasan, politik kontroversial, dan hal-hal yang tabu. Agung memulai dengan ilustrasi buku, gambar, dan komik, yang menawarkan kritik keras dan satir terhadap masyarakat Indonesia pada waktu itu.

Dengan lukisannya yang berjudul “Happy Victim” (1996), menggambarkan orang-orang tergantung terbalik sambil tertawa riang, ia memenangkan Philip Morris Art Award 1996 dan mendapat pengakuan internasional.

Serial karya teralisnya yang terkenal dimulai pada tahun 2006. Serial ini terinspirasi oleh album foto keluarga lama dari tahun 1974, yang terdiri dari sebuah buku harian foto ibunya selama hari-hari terakhir ayahnya yang sekarat. Agung mencoba untuk menciptakan kembali kenangan pribadi dan kolektif dengan mengerjakan panel-panel itu sebagai semacam buku komik di mana teralis adalah kontur sosok dan bayang-bayang membuat memori kabur.

Tema Lukisan

Sebagian besar karya Agung berupa komik dan gambar satir. Agung dapat mempraktikkan seni gambar sehingga menjadi bahasa ekspresi pribadi dalam karyanya. 

Perubahan-perubahan karakter karya kreatif Agung selalu saja bermula dari sikap kritisnya terhadap diri sendiri dan situasi yang menyelimutinya, Ia sadar telah hidup sekian puluh tahun berada pada situasi yang tidak bisa dihindari, ia bersama sekian puluh atau ratus juta orang di Indonesia mendapat beban untuk menjalani hidup dengan apa yang digariskan negara, atau berperan sebagai manusia (rakyat) politis yang terkadang terjepit.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com https://indoartnow.com/artists/agung-kurniawan https://www.lukisan.nl/agung-kurniawan/
Comments
Loading...