Lukisan “Possessing Light” Karya Agung Fitriana

Possessing Light - Agung Fitriana
0 1.233

Lukisan “Possessing Light” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Agung Fitriana.

Possessing Light – Agung Fitriana
  • Pelukis : Agung Fitriana
  • Judul : “Possessing Light
  • Tahun : 2011
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran : 190 x 240 cm

Deskripsi Lukisan “Possessing Light”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya abstrak, ekspresionisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat minyak di atas kanvas. 

Karya-karya Agung menunjukkan bagaimana sebuah lukisan akan tetap membutuhkan kekayaan dimensi ‘rasa’ selain tentang maknanya. Lukisan Agung dapat kita baca dalam maknanya sebagai dimensi ingatan kita akan hal bahasa visual.

Perjalanan Karir

Agung Fitriana adalah seorang seniman berlatang belakang akademis yang lulus dari jurusan seni lukis ITB Bandung. Lahir di Bandung pada 10 April 1987.

Deskripsi Lukisan

Lukisan Agung Fitriana terkesan abstrak namun tetap mempunyai struktur dengan warna dominan putih dan ditambah aksen warna pudar yang ada, seperti membuat suatu ruang atau dimensi di dalam lukisannya.

Pilihan warna-warna pastel pada lukisan Agung membuat kita yang melihatnya merasa nyaman dan tenang, Agung seperti mengajak kita melihat sisi lain dari hasil eksplorasi seorang pelukis. Bila kita perhatikan, di hampir semua lukisan Agung selalu menghadirkan kalimat-kalimat tertentu, beberapa seperti mempunyai tugas mempertegas nuansa lukisan yang ada, namun tidak jarang pula kalimat tersebut tidak berhubungan dan sepertinya muncul begitu saja dalam lukisan Agung.

Media Lukisan

Dari sekian medium yang pernah Agung coba, semakin lama ia semakin nyaman menggunakan ballpoint dengan teknik/metode crosshatching.

Secara umum, karya Agung berangkat dari hal ihwal pengalaman personal, ihwal masa, ihwal momen, ihwal objek/benda-benda yang saling berkaitan dan memorable baginya.

Tema Lukisan

Agung Fitriana tertarik menjauhi hasil gambaran yang realistik, lukisan-lukisannya mengaburkan penjelasan tentang segala sesuatu yang bisa dianggap alamiah.

Karya Agung sebenarnya bermain dengan unsur-unsur yang sekilas ada di dalam fotografi. Hanya, bentangan kanvas-kanvas Agung seperti hasil proses pencampuran bahan kimia dalam mencuci seluloid film.

Tidak ada bentuk objek yang solid, justru kita menemukan suatu komposisi warna yang membawa kita menerka-nerka dimensi ciptaan Agung.

Karya-karya Agung menunjukkan bagaimana sebuah lukisan akan tetap membutuhkan kekayaan dimensi ‘rasa’ selain tentang maknanya. Lukisan Agung dapat kita baca dalam maknanya sebagai dimensi ingatan kita akan hal ‘bahasa visual.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com https://indoartnow.com/artists/agung-fitriana https://outoftheboxindonesia.wordpress.com/2010/12/27/agung-fitriana-crosstranslation/amp/
Comments
Loading...