Lukisan “Potrait Inside Me 1” (Labadiou Piko)

Potrait Inside Me 1 - Labadiou Piko
0 2.503

Lukisan Potrait Inside Me 1 merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Labadiou Piko.

Potrait Inside Me 1 – Labadiou Piko
  • Pelukis : Labadiou Piko
  • Judul : “Potrait Inside Me 1”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic, Carbon and Pencil on Paper
  • Ukuran : 28 H x 22 W x 2 in

Deskripsi Lukisan Potrait Inside Me 1

Lukisan ini merupakan lukisan figurative dengan gaya abstrak. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik dan bahan lain di atas kertas. Dalam lukisan ini, pelukis mencoba menggambarkan imajinasinya tentang potret diri.

Makna Lukisan

Lukisan potret adalah salah satu genrelukisan yang bertujuan untuk menggambarkan subjek lukisan secara visual. Istilah ini biasanya diterapkan pada penggambaran subjek lukisan berupa manusia. Selain dalam lukisan, potret juga bisa diterapkan pada media lainnya seperti etsa, litografi, fotografi, video, dan media digital.

Secara historis, lukisan potret telah diabadikan terutama pada orang-orang yang yang kaya dan berkuasa. Seiring waktu, lukisan potret juga umum di kalangan warga kelas menengah. Saat ini, lukisan potret masih diminta pembuatannya oleh pemerintah, perusahaan, kelompok, klub, dan individu.

Seni Lukis potret yang dimaksudkan bukanlah lukisan potret orang belaka, jadi konsep lukisan potret dalam hal ini tidak hanya diartikan dalam pengertian sempit dan hanya berkenaan dengan potret orang sebagaimana yang diartikan selama ini, namun potret dalam pengertian yang seluasnya. Demikian yang sebenarnya hendak dibincangkan dalam risalah ini, bahwa tradisi seni lukis potret di Indonesia telah berakar cukup lama sejak abad abad Klasik Indonesia (abad ke-8—15 M), masa berkaryanya Raden saleh Syarif Bustaman (abad ke-19), hingga zaman sekarang ini yang melahirkan cukup banyak maestro seni lukis potret.

Seni lukis potret yang dimaksudkan adalah berkenaan juga dengan lukisan yang menggambarkan fenomena kebudayaan, kegiatan masyarakat, dan sekelompok orang dalam konteks kebudayaannya, selain lukisan yang menggambarkan tokoh-tokoh dalam format lukisan potret seperti lukisan para negarawan atau tokoh tertentu. Jadi yang dimaksud dengan potret adalah pengertian luasnya, yaitu lukisan yang memotret juga suasana dan fenomena kebudayaan beserta masyarakat pendukungnya, memotret kehidupan di sekitar kita.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Portrait-inside-Me-1/68393/2333782/view
Comments
Loading...