Lukisan “Potret Intuisi #18” Karya Tommy Wondra

Potret Intuisi #18 - Tommy Wondra
0 5.287

Lukisan “Potret Intuisi #18” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Tommy Wondra.

Potret Intuisi #18 – Tommy Wondra
  • Pelukis : Tommy Wondra
  • Judul : “Potret Intuisi #18”
  • Tahun : 2012
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 200 cm x 200 cm

Deskripsi Lukisan “Potret Intuisi #18”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya ekspresionisme, kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas. Dalam berkarya Tommy sering terinspirasi dari objek yang bisa kita lihat sehari-hari. 

Tema dan Objek Lukisan

Tommy Wondra adalah artis muda yang selalu bekerja dengan proyek lukisan yang masif berkaitan dengan jumlah dan ukuran.

Mengambil tema objek sehari-hari seperti gambar ikan sarden, ulat, atau kupu-kupu lalu disapu oleh warna silver yang kontras membuat lukisan karyanya menjadi sangat eye catching. Lalu terlihat penutup luka, hampir di setiap lukisan, mencuri fokus perhatian. Tommy melihat penutup luka kini menjadi realitas yang tak bisa dihindarkan. “Yang bopeng dan tambal sulam kini muncul di permukaan, menggantikan yang mulus dan penuh keindahan, sehingga kita terus diingatkan pada memori atas realitas visual yang harus mulai diakrabi,” kata Tommy Wondra.

Teknik Warna Lukisan

Tommy memilih warna perak sebagai tema warna. Warna perak banyak dihindari oleh para pelukis lain karena efek kilap yang muncul dan kesulitan untuk memadukan warna. Tapi Tommy Wondra justru tertantang untuk mencari kemungkinan visual yang baru dari warna perak.

Karya-karya Wondra, seperti menaruh papan tulis hitam dibidang putih kanvas. Ada kalanya pemasangan papan tulis hitam itu tepat ditengah, sehingga menyisakan putih kanvas di keempat sisinya.

Ada kalanya bidang putih yang disisakan hanya bagian atas dan bawah. Dan ada kalanya, bidang putih hanya tersisa di atas. Bahkan ada pula kanvas yang tidak menyisakan sama sekali bidang putih.

Selanjutnya di bidang hitam yang serupa dengan papan tulis dengan kapur putih sebagai alat tulisnya, Tommy mengisinya dengan berbagai objek gambar. Dengan tidak meninggalkan bekas yang ada di papan tulis hitam itu.

Di tangan Wondra, bidang-bidang putih itu berfungsi dengan sangat plastis. Dia juga bisa menguatkan kesan tiga dimensi (keruangan) dari lukisan yang bersifat dua dimensi. Dia juga bisa mengesankan alam luas tempat objek-objek keluar dari bidang gambar berupa papan tulis hitam.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/tommy-wondra http://surabaya.tribunnews.com/amp/2012/09/27/ketika-obyek-lukis-keluar-dari-papan-tulis
Comments
Loading...