Lukisan “Purple Catleya” (Tedi Ardian)

Purple Catleya - Tedi Ardian
0 3.558

Lukisan Purple Catleya merupakan salah satu tema karya perupa seni lukis Indonesia, Tedi Ardian.

Purple Catleya – Tedi Ardian
  • Pelukis : Tedi Ardian
  • Judul : “Purple Catleya”
  • Tahun : –
  • Media : Oil On Canvas
  • Ukuran : 23.8 H x 15.9 W x 0.7 in

Deskripsi Lukisan Purple Catleya

Lukisan ini merupakan lukisan floral, konseptual dengan gaya figuratif, illustration dengan menggunakan bahan cat minyak di atas kanvas.

Dalam lukisan ini, pelukis menggambarkan imajinasinya tentang  bunga cattleya.

Makna Lukisan

Tanaman hias Cattleya merupakan salah salah satu jenis anggrek yang cukup populer di kalangan penggemarnya. Beberapa daya tarik anggrek ini diantaranya ukuran bunganya relatif besar dan labeliumnya berukuran besar serta berwarna mencolok.

Anggrek cattleya tersebar luas di daerah tropis Amerika dari Meksiko, Guatamala, Kolombia, sampai ke Brasil. Sebagian besar tumbuh di daerah pegunungan pada ketinggian 600-1.500 m diatas permukaan laut (dpl). Nama ”cattleya” diberikan berdasarkan nama seorang petani anggrek dan tanaman eksotis lainnya, William Cattley.

Awalnya, William Cattley mendapatkan kiriman tanaman tak dikenal dari William Jackson Hooker, seorang profesor botani dari Universitas Glasgow yang mendapat tanaman tersebut dari William Swainson yang telah mengoleksi tanaman-tanaman dari Brasil pada kurun waktu 1816-1818.

Cattleya tidak menyukai sinar Matahari langsung sepanjang hari.[2] Tapi mereka senang mendapat sinar langsung di pagi hari selama 4-5 jam sehari, atau sinar terang sehari penuh.[2] Bila daunnya berwarna hijau gelap, itu pertanda Cattleya kekurangan sinar Matahari.[2] Sebaliknya, bila kelebihan sinar, warna daunnya akan menjadi hijau kekuningan.[2] Sinar Matahari yang cukup akan membuat Cattleya rajin berbunga.[2] Selain merangsang pembentukan bunga, sinar Matahari juga membuat tanaman lebih kuat, tahan serangan penyakit dan mampu mengumpulkan makanan cadangan.[2]Makanan cadangan ini akan tersimpan di dalam bulbBulb yang padat berisi akan rajin menghasilkan tunas dan bunga.[2] Cattleya akan rajin berbunga pada lingkungan bertempreatur antara 15-35 derajat Celcius.[2]Air juga merupakan kebutuhan pokok bagi Cattleya.[2] Cattleya memerlukan penyiraman secara teratur, namun ia juga memerlukan waktu kering beberapa saat, sebelum disiram lagi.[2] Saat disiram, akar akan menyerap air sebanyak-banyaknya untuk disimpan dalam akar maupun bulb.[2]

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Purple-Catleya/928484/3232342/view http://www.tanamanku.net/bunga-anggrek-cattleya-dan-asalnya.html
Comments
Loading...