Lukisan “Rainwater Harvesting” (Rinaldi Syam)

Rainwater Harvesting - Rinaldi Syam
0 1.512

Lukisan Rainwater Harvesting merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Rinaldi Syam.

Rainwater Harvesting – Rinaldi Syam
  • Pelukis : Rinaldi Syam
  • Judul : “Rainwater Harvesting”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic On Canvas
  • Ukuran : 70.9 H x 78.7 W x 2 in

Deskripsi Lukisan Rainwater Harvesting

Lukisan ini merupakan lukisan nature dengan gaya realisme. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik di atas kanvas. Karya ini memiliki makna filosofis tentang air. Air adalah kebutuhan utama bagi manusia untuk hidup. Tanpa air manusia tidak bisa hidup.

Makna Lukisan

Salah satu kebutuhan pokok sehari-hari makhluk hidup di dunia ini yang tidak dapat terpisahkan adalah Air. Tidak hanya penting bagi manusia air juga merupakan bagian yang penting bagi makhluk hidup baik hewan dan tumbuhan. Tanpa air kemungkinan tidak ada kehidupan di dunia inti karena semua makhluk hidup sangat memerlukan air untuk bertahan hidup.

Manusia mungkin dapat hidup beberapa hari akan tetapi manusia tidak akan bertahan selama beberapa hari jika tidak minum karena sudah mutlak bahwa sebagian besar zat pembentuk tubuh manusia itu terdiri dari 73% adalah air.

Bukan hal yang baru jika kehidupan yang ada di dunia ini dapat terus berlangsung karena tersedianya air yang cukup. Dalam usaha mempertahankan kelangsungan hidupnya, manusia berupaya mengadakan air yang cukup bagi dirinya sendiri.

Di samping sebagai air minum, air juga berfungsi atau berperan sangat penting di dalam menunjang kelangsungan hidup manusia misalnya untuk pertanian. Selanjutnya dalam menjalankan fungsi kehidupan sehari-hari, manusia amat tergantung pula pada air. Karena di samping sebagai air minum, air juga dipergunakan untuk mencuci, mandi, dan membersihkan. Manfaat lain dari air berupa sumber pembangkit tenaga, sebagai bahan irigasi, alat transportasi, olah raga, dan rekreasi.

Selain fungsi air tersebut, air juga berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Air penting bagi kehidupan manusia, oleh karena itu secara kuantitas dan kualitas harus memenuhi kebutuhan manusia. Air secara kuantitas dan kualitas tidak memenuhi persyaratan kesehatan akan mengganggu pemakai. Air secara langsung dapat menyebabkan beberapa penyakit. Dalam garis besarnya penyakit-penyakit yang berhubungan dengan air dapat dibedakan atas penyakit infeksi dan non infeksi.

Itulah sekilas tentang pentingnya air bagi kehidupan yang menjadi inspirasi dalam lukisan ini.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Rainwater-Harvesting/350205/3436230/view http://www.riyanpedia.com/2017/04/fungsi-air-bagi-kehidupan-manusia.html?m=1
Comments
Loading...