Lukisan “Ramayana” (Pan Seken)

0 1.244.766

Lukisan Ramayana merupakan salah satu karya Pan Seken. Ia banyak melukiskan tengang tokoh pewayangan serta kebudayaan Bali.

  • Pelukis : Pan Seken
  • Judul : “Ramayana”
  • Tahun : 1894-1984
  • Media : –
  • Ukuran : 87 cm x 82 cm
Deskripsi Lukisan Ramayana

Ramayana: Rama dan pertapa hutan

Tepat di awal Ramayana, Rama diminta untuk pergi melindungi pertapa di hutan yang diserang raksasa. Didampingi oleh Laksamana, dia membersihkan raksasa tersebut, dan kemudian memenangkan Sita dalam sebuah kompetisi panahan. Dua episode ditampilkan di sini. Di puncak Rama dan Laksamana, bersama Twalen dan Morda, dilonjak oleh raksasa wanita, Tatakabia, yang dipecat Rama.

Makna Simbolik

Dalam lukisan, Rama dan Laksamana menyerahkan raksasa raksasa lain, sehingga menciptakan Kala Sungsang setan terbalik yang memiliki peran penting dalam kosmololitik Bali dan merupakan nama rasi bintang (lihat E74228 dan E74233).

Episode Kala Sungsang tidak ditemukan dalam setidaknya beberapa versi ramayana, dan cenderung menjadi bordir Bali untuk menjelaskan dan melegitimasi salah satu konsepsi mereka sendiri.

Di latar belakang kedua adegan, pertapa dan pelayan mereka menyaksikan discomfiture musuh mereka. Meski pemandangan puncaknya memiliki angin normal dan awan otif sepanjang, pemandangan bawah memiliki latar belakang alternatif, mungkin dipengaruhi oleh perkembangan baru di Ubud saat itu. Pan Seken tidak hanya menggunakan pohon casuarina yang agak tipis seperti pohon, tapi juga telah memenuhi langit dengan motif spiral pena yang digambar, yang mungkin dimaksudkan untuk menggemakan tema inversi dari Pan Seken.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia Pan Seken
Comments
Loading...