Lukisan “Rebut Dupa” Karya Nasirun

Rebut Dupa - Nasirun
0 5.568

Lukisan “Rebut Dupa” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Nasirun.

Rebut Dupa – Nasirun
  • Pelukis : Nasirun
  • Judul : “Rebut Dupa”
  • Tahun : 2007
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran : 145 cm x 90 cm

Deskripsi Lukisan “Rebut Dupa”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya abstrak, kontemporer, ekspresionisme, dan surealisme. Dengan teknik melukis menggunakan cat minyak di atas kanvas. 

Karakteristik Karya

Nasirun adalah seorang pelukis yang komplit. Tekniknya tinggi, imajinasinya luar biasa. Ia cerdas dan menguasai konsep, namun ia tidak meninggalkan segi estetik. Bahkan, rasa merupakan sisi terkuat dari Nasirun. Karyanya ekspresif dan imajinatif.

Nasirun termasuk perupa yang diperhitungkan pada tingkat nasional dan regional. Karya-karyanya adalah usaha menafsir ulang seni tradisi (terutama wayang) dengan melakukan distorsi anatomi para tokohnya dan mengevaluasi struktur nilainya. Tak jarang, interpretasi itu dikaitkan dengan masalah sosial politik yang sedang aktual dengan sentuhan humor dan ironi yang kental.

Meski secara ide terkadang sama dengan seniman lainnya, namun Nasirun selalu berhasil mencari bentuk-bentuk yang tak mirip. Bahkan, berbeda sama sekali.

Ketidaksamaan itu barangkali karena Nasirun memiliki bentang wilayah kreatif yang demikian luas. Ia nyaris selalu berangkat dari tradisi dan mitologi yang ditarik ke wilayah kontemporer. Pada saat tarikan itulah Nasirun melakukan interpretasi. Begitu terus sampai ia merasa bertemu pada kedalaman nilai.

Keintimannya pada alam memberi energi Nasirun untuk bekerja. Ia seperti menyadap getah mitologi yang kemudian diolahnya menjadi kekayaan lokal, tetapi bernilai universal. Lukisan Nasirun hampir selalu berangkat dari masa lalu, saat-saat ia menjalani kerasnya hidup di kampung. Masa lalu itu kemudian diinterpretasi untuk menemukan nilai universal di dalamnya.

Ketertarikan Oei Hong Djien terhadap Lukisan Nasirun

Dokter Oei Hong Djien, SpPA (lahir di MagelangJawa Tengah5 April 1939) adalah seorang kolektor dan kurator seni rupa Indonesia terkenal asal MagelangJawa Tengah. Pria yang akrab disebut OHD selain dikenal sebagai kolektor lukisan juga dikenal sebagai pedagang tembakau sekaligus Grader Tembakau untuk PT. Djarum Kudus.

Oei Hong Djien tertarik dengan karya Nasirun karena karya-karya Nasirun mempunyai karakter tersendiri.

Nasirun mampu melukis dengan detail dan mengerjakan hal-hal rumit. Walaupun Nasirun adalah seorang pelukis yang dibilang muda, tetapi Nasirun tetap tidak mengikuti arus pasar.

Nasirun tetap mempertahankan kepribadiannya. Hal ini dipengaruhi oleh latar belakang kebudayaannya yang masih kental dan melekat pada karyanya.

Karya Nasirun masih berakar dari kebudayaan, yaitu kebudayaan Jawa. Tetapi tidak sama dengan karya tradisional. Banyak sekali di jaman sekarang, pelukis yang hanya mengikuti arus, mengikuti pasar, mana yang laku sehingga melukis seperti itu.

Nasirun mempunyai teknik dan latar belakang. Ia menguasai cerita pewayangan Jawa dan menguasai kesenian Batik.

Beberapa kisah inspiratif dan positif dapat kita petik dari pelukis yang memiliki sifat ramah dan bersahaja, ia adalah Nasirun.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source http://archive.ivaa-online.org http://archive.ivaa-online.org/pelakuseni/nasirun-1 http://arsip.galeri-nasional.or.id/pelaku_seni/nasirun/show
Comments
Loading...