Lukisan “Red Circle” (Tanto Sutianto)

Red Circle - Tanto Sutianto
0 2.449

Lukisan Red Circle merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Tanto Sutianto.

Red Circle – Tanto Sutianto
  • Pelukis : Tanto Sutianto
  • Judul : “Red Circle”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 55.1 H x 31.5 W x 1.6 in

Deskripsi Lukisan Red Circle

Lukisan ini merupakan lukisan fantasi dengan gaya abstrak ekspresionis. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik di atas kanvas. Dalam lukisan ini, pelukis mencoba menggambarkan imajinasinya tentang lingkaran merah.

Makna Lukisan

Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Sebagai contoh warna biru memiliki panjang gelombang 460 nanometer.

Panjang gelombang warna yang masih bisa ditangkap mata manusia berkisar antara 380-780 nanometer.

Dalam peralatan optis, warna bisa pula berarti interpretasi otak terhadap campuran tiga warna primer cahaya: merah, hijau, biru yang digabungkan dalam komposisi tertentu. Misalnya pencampuran 100% merah, 0% hijau, dan 100% biru akan menghasilkan interpretasi warna magenta.

Dalam seni rupa, warna bisa berarti pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan benda. Misalnya pencampuran pigmen magenta dan cyan dengan proporsi tepat dan disinari cahaya putih sempurna akan menghasilkan sensasi mirip warna merah.

Setiap warna mampu memberikan kesan dan identitas tertentu sesuai kondisi sosial pengamatnya. Orang menyebut dengan istilah psikologi warna untuk meng-artikulasi persepsi manusia terhadap warna yang terlihat oleh mata. Setiap warna akan memberikan kesan dan kemudian dipersepsikan secara unik oleh pikiran orang yang sedang melihatnya. Demikian pula warna-warna alam yang ada di sekeliling kita, seakan mampu berbicara dan mempengaruhi suasana hati seseorang.

Biru adalah warna langit dan laut.
Memberi kesan luas pada ruangan, kesejukan, dingin damai, dan menenangkan fikiran. Sedangkan lingkaran memiliki kesan melindungi dan kesempurnaan dengan garis lingkaran utuh. Dari segi psikologi, kesan yang timbul adalah hangat, nyaman, kasih sayang atau cinta dan keselarasan. Selain itu dapat menyimbolkan kesatuan dan integritas. Dengan garis yang lengkung bulatan juga dapat mewakili gerakan.

Dari hal tersebut kita bisa belajar bahwa kombinasi warna dan bentuk geometris memiliki makna yang indah dan dinamis. Jika dikaitkan dalam makna kehidupan kita akan mengetahui bahwa fikiran yang tenang akan menjadikan hidup sempurna sesuai dengan seberapa besar ruang lingkupnya.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.google.com/search?source=android-browser&ei=TH9rWo2XHMuFvQTUr73wDA&sjs=3&q=makna+lingkaran+kuning+dalam+lukisan&oq=makna+lingkaran+kuning+dalam+lukisan&gs_l=mobile-gws-serp.3...23318.24322.0.24723.8.8.0.0.0.0.289.1311.0j4j3.7.0....0...1.1j4.64.mobile-gws-serp..1.6.1103...33i22i29i30k1j33i160k1j33i21k1.813.ZKN31hYtiAI
Comments
Loading...