Lukisan “Regime of the Truth Makers” Karya Uji Hahan Handoko

Regime of the Truth Make - Uji Hahan Handoko
0 1.233

Lukisan “Regime of the Truth Make” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Uji Hahan Handoko.

Regime of the Truth Make – Uji Hahan Handoko
  • Pelukis : Uji Hahan Handoko
  • Judul : “Regime of the Truth Make”
  • Tahun : 2015
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 150 x 200 cm

Deskripsi Lukisan “Regime of the Truth Make”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya pop art, kontemporer, figuratif. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas. Secara sinikal karya-karya Hahan banyak menyindir ironi-ironi kesenimanan dalam medan seni rupa kontemporer yang berhubungan dengan pranata pasar seni rupa. Kritik-kritik sinikal Hahan pada akhirnya juga menyaran pada ironi-ironi kapitalisme yang justru secara unik juga dialami Hahan sendiri sebagai sebuah gagasan konseptual kekaryaan.

Dengan mengembangkan bentukan figuratif yang imajinatif  seperti kartun, diatas kanvas-kanvasnya ia banyak menggunakan unsur belabar garis hitam, cipratan, pola-pola titik, dan sebagainya. Terkesan liar dan kekanakan. Menerapkan warna-warna yang meriah, dan pola-pola yang atraktif yang memenuhi bidang kanvas dengan merata tanpa pusat perhatian. Kadang beberapa elemen tokohnya mengingatkan pada ikon – ikon kartun terkemuka. Karakter makhluk-mkahluk yang hybrid:  seperti binatang seperti kucing, tikus, kelinci, ubur-ubur dengan tengkorak, bahkan tokoh wayang dan tokoh pahlawan komik, dan benda-benda keseharian.

Karakteristik Karya

Mengakar dalam medan seni rupa kontemporer Indonesia, dan berbasis di Yogyakarta, Hahan dikenal luas lewat visual budaya dan budaya visual populer yang ia hadirkan dalam karya-karyanya.

Hahan fokus menghadirkan kritik tentang bagaimana nilai berkarya dalam ekosistem seni kontemporer. Semua itu dituangkan melalui karya yang sebagian dipamerkan di Roh Project.

Perjalanan seni Hahan memang sangat menarik untuk diikuti. Setiap tahunnya, Hahan berkembang menjadi salah satu seniman yang mempunyai idealisme yang sangat kuat. Karya seni Hahan menjadi menarik karena konsisten berangkat dari observasi dan kritik terhadap lingkungan sosiopolitik di sekitarnya.

Karya-karya Hahan memiliki tujuan untuk menghibur dan mencari hiburan ketika membuat karya seni. Oleh karena itu, karyanya kemudian dinilai tidak selalu ambisius menyampaikan pesan sosial dengan cara yang berat.

Tema Lukisan

Dalam lukisannya Hahan menyinggung masalah kehidupan sehari-hari dengan cara yang ringan. Hahan memiliki tujuan untuk menghibur dan mencari hiburan ketika membuat karya seni. Oleh karena itu karyanya kemudian dinilai tidak selalu ambisius menyampaikan pesan sosial dengan cara yang berat. (thisishanan.wordpress)

Hahan adalah seniman yang sadar akan branding, yang tidak hanya tampil melalui kecenderungan artistik, melainkan juga pokok-pokok soal karya-karyanya. 

Walaupun tokoh-tokoh dalam karyanya bukan untuk menciptakan sebuah narasi yang khusus, namun wujud  tersebut selalu hadir walaupun ber-evolusi dalam beberapa rinci, yang menunjukan adanya pengaruh suatu konteks diluar dirinya.

Dalam setiap karyanya, Hahan mencoba mengajak penikmat merenungkan sebuah makna. Bisa secara harfiah, bisa juga menangkap makna dalam yang tersembunyi. Apa pun hasilnya, adalah hak penikmat seni terhadap sebuah bentuk apresiasi terhadap seni.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/uji-handoko-hahan https://rohprojects.net/wp-content/uploads/2018/02/UH_E-Catalogue-lores.pdf
Comments
Loading...