Lukisan “Rekonstruksi” Karya Samsul Arifin

Rekonstruksi - Samsul Arifin
0 5.556

Lukisan “Rekonstruksi” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Samsul Arifin.

Rekonstruksi – Samsul Arifin
  • Pelukis : Samsul Arifin
  • Judul : “Rekonstruksi”
  • Tahun : 2014
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 150 cm x 200 cm

Deskripsi Lukisan “Rekonstruksi”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya kontemporer, abstrak figuratif. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas.

Melalui lukisan, Samsul membicarakan para pelaku seni yang dilahirkan dalam atribut-atribut khusus. Karyanya merupakan bentuk pembongkaran mitos-mitos terhadap dunia seni itu sendiri. Karakteristik manusia yang menjadi pelaku utama di seni rupa dan bagaimana seni rupa berdinamika hingga menjadi mitos di kalangan publik luas adalah ikhwal yang ia tafsir melalui karya-karyanya.

Perjalanan Karir

Samsul Arifin, seorang seniman yang dikenal dengan karya lukis, instalasi, dan patungnya, baik di pameran Indonesia maupun internasional. Dengan membangun ikon khusus yang menyerupai boneka, ia bermain-main dalam wilayah presentasi, produksi, material, medium hingga konteks. Melalui penemuan bentuk awal boneka serta ketertarikannya akan menjahit, pengolahan akan objek boneka terlihat. Namun, eksplorasinya terkait dengan kenangan dan pengalaman tertentu.

Boleh dikata Samsul memang tak begitu peduli dengan perkembangan arus seni rupa kontemporer Indonesia bahkan dunia yang dalam kurun waktu tertentu diharu-biru oleh berbagai isu dan tonggak pencapaian estetika tertentu. Atau digerus oleh gelombang masuknya kecenderungan kreatif seniman asing yang masuk deras ke Indonesia. Secara alamiah ia hanya ingin membuktikan bahwa sebuah lukisan haruslah mencapai tingkatan mempunyai kekuatan sugesti yang dalam. Di situlah esensi berkarya: bahwa ketika penikmat seni datang ke ruang pameran maka ia tak akan mudah melintasi antara karya lukisan yang satu dengan lainnya. Penikmat seni tersebut seyogyanya akan berhenti cukup lama dalam menikmati sebuah lukisan. Begitu seterusnya dengan lukisan yang dipajang berikutnya, berikutnya, dan berikutnya lagi.

Ruh sebuah karya lukis haruslah dapat ditemukan oleh perupa yang bersangkutan. Itulah misteri yang barangkali tak setiap perupa mampu menemukannya

Gaya Lukisan

Samsul Arifin adalah seorang seniman yang termasuk ke dalam seniman dengan karakter unik dan kuat dalam penciptaan karyanya, ia tidak hanya melukis tapi juga menjahit, suatu pilihan media berkarya yang jarang dipakai oleh Seniman. Samsul Arifin terkenal dengan penggunaan karakter ikomik berbentuk manusia yang dibuatnya dengan menggunakan bahan fabric yang disii kapas.

Yang unik ikon berbentuk manusia tersebut sering kali digunakan Samsul Arifin dengan cara disatukan hingga membentuk suatu bentuk yang ia inginkan.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/samsul-arifin https://outoftheboxindonesia.wordpress.com/2010/05/13/samsul-arifin-the-maker/amp/
Comments
Loading...