Lukisan “Sabung Ayam” (Afriani)

Sabung Ayam - Afriani
0 13.718

Lukisan Sabung Ayam merupakan salah satu tema karya perupa seni lukis Indonesia, Afriani.

  • Pelukis : Afriani
  • Judul : “Sabung Ayam”
  • Tahun : –
  • Media : Oil On Canvas
  • Ukuran : 59,1 x 78,7 x 2 in

Deskripsi Lukisan Sabung Ayam

Lukisan ini menggambarkan tradisi Sabung Ayam (ayam berkelahi) dari etnis Sabu, provinsi Kupang Indonesia. Tradisi ini biasanya diadakan pada hari-hari besar, contoh perayaan hari kemerdekaan indonesia dll.

Sabung Ayam sudah menjadi sebuah tradisi di daerah Kupang.
Pada Suku Sabu sendiri, hal ini dianggap menjadi sebuah pengaruh yang baik bagi kehidupan bermasyarakat mereka, kegiatan sabung ayam ini juga sebagai jalan ataupun cara mereka melakukan penghormatan dan turut serta dalam melestarikan budaya leluhur mereka. Dari tradisi ini dipercaya untuk memberikan penghormatan kepada leluhur yang jeli dalam memperhatikan kehidupan ayam jago.

Makna Tersirat

Jadi bagi suku Sabu, mempercayai sabung ayam sebagai hukum adat yang lebih mudah untuk menggantikan hukuman dengan cara yang lebih bijak. Karena hukum adat tidak seperti yang dipikirkan oleh banyak orang yang berhubungan dengan kekerasan. Bagi mereka orang Sabu, kegiatan sabung ayam itu untuk mempererat tali persaudaraan guna menghindari terjadinya pertikaian atau peperangan antarsuku di wilayah itu.

Diharapkan agar ritual adat yang diwariskan oleh para leluhur ini, tidak ditafsirkan oleh masyarakat sebagai kegiatan yang bernuansa perjudian.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia Afriani
Comments
Loading...