Warning: unlink(/tmp/fa1af991f54a0c3995e92ca7ef317fde-rC785s.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/lukisanku.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 158

Lukisan “Sang Pengantar Toraja Culture” (Gatot Wijoyo)

Sang Pengantar Toraja Culture - Gatot Wijoyo
0 35.699

Lukisan Sang Pengantar Toraja Culture merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Gatot Wijoyo.

Sang Pengantar Toraja Culture – Gatot Wijoyo
  • Pelukis : Gatot Wijoyo
  • Judul : “Sang Pengantar Toraja Culture”
  • Tahun : 2017
  • Media : Oil On Canvas
  • Ukuran : 78.7 H x 59.1 W x 3 in

Deskripsi Lukisan Sang Pengantar Toraja Culture

Lukisan ini merupakan lukisan culture dengan gaya konseptual dan realisme.

Lukisan unik yang dimiliki Gatot Wijoyo dengan tema “Sang Pengantar” ditampilkan pada seni nasional festival Toraja event 2016/2017. Lukisan tersebut mengatakan bahwa kerbau sebagai pembawa tugas Kendaraan Roh Untuk Puya (Nirvana).

Menurut Gatot, rombongan kerbau beriringan mengantarkan ke tempat dikeluarkannya roh Sampai Puya (yang masih digantung di langit) untuk urusan lebih jauh menggambarkan Urusan Manusia Antara Dewa. “Apalagi Urusan Manusia yang dengan Dewa Pencipta, apakah roh diterima Masuk Surga atau tidak tergantung apa yang mereka lakukan saat masih hidup,”

Makna Tersirat Secara Global

Bagi masyarakat Toraja, kerbau memiliki posisi istimewa dan menjadi salah satu simbol prestise dan kemakmuran.

Dalam upacara adat Toraja seperti Rambu Solo, kerbau memegang peranan sebagai salah satu peranti utama. Kerbau digunakan sebagai alat pertukaran sosial dalam upacara tersebut. Bagi masyarakat Toraja, jumlah kerbau yang dikorbankan menjadi salah satu tolok ukur kekayaan atau kesuksesan anggota keluarga yang sedang menggelar upacara adat. Kebanggaan akan hal tersebut terlihat dari jumlah tanduk kerbau yang dipasang pada bagian depan Tongkonan (rumah adat tradisional Toraja) keluarga penyelenggara upacara Rambu Solo.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source www.saatchiart.com/ https://www.saatchiart.com/art/Painting-Sang-Pengantar-Toraja-Culture/936094/3529226/view http://www.torajaparadise.com/2014/10/mengapa-kerbau-toraja-begitu-istimewa.html?m=0
Comments
Loading...