Lukisan Sapi

Siratan sebuah lukisan

Karya Affandi Koesoema
0 1.774

Lukisan Sapi karya Affandi mungkin masih menjadi misteri atas makna yang tersirat di dalamnya. Namun jika di lihat dari beberapa lukisan beliau seperti Barong dan Leak yang merupakan kebudayaan Bali, mungkin berikut adalah makna dari lukisan berjudul Sapi karya Sang Maestro.

Lukisan Sapi
  • Pelukis: Affandi
  • Tahun: 1977
  • Judul : ” Sapi “
  • Ukuran : 100cm X 120cm
  • Media : Oil on Canvas
  • Aliran : Ekspresionisme

Berdasarkan peradaban Veda (Kitab suci umat Hindu) sapi memang merupakan binatang yang sangat di sakralkan. Diuraikan bahwa sapi merupakan lambang dari ibu pertiwi yang memberikan kesejahtrean kepada semua makhluk hidup di bumi ini.

Melihat banyaknya arca-arca sapi di tempat suci Hindu baik yang ditemukan di situs purbakala maupun di tempat-tempat suci yang masih aktif digunakan sebagai tempat peribadatan di Bali. Karena itulah para umat manusia diajarkan untuk tidak menyemblih dan memakan daging sapi.

Selain mempunyai manfaat di dalam kehidupan rohani, sapi juga memelihara kita di dalam kehidupan material kita seperti misalnya dengan memberikan susu sapi dan berbagai produk susu. Selain susu dan berbagai produk, sapi juga memberikan berbagai jenis bahan obat-obatan.

Makna

Seekor sapi bisa memberikan banyak manfaat bagi kehidupan umat. Apalagi kita sebagai manusia yang dikaruniai akal serta pikiran yang seharusnya  saling memberikan kebaikan satu sama lain.

Demikian ulasan tentang lukisan Affandi bertema Sapi. Jika Anda memiliki sumber dan gagasan lain, silahkan share di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Source Informasi Lukisan Indonesia Lukisan Karya Affandi
Comments
Loading...