Lukisan “Sea Breeze” (Julie Baskara)

Sea Breeze - Julie Baskara
0 1.417

Lukisan Sea Breeze merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Julie Baskara.

Sea Breeze – Julie Baskara
  • Pelukis : Julie Baskara
  • Judul : “Sea Breeze”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic On Canvas
  • Ukuran : 19.7 H x 23.6 W x 0.6 in

Deskripsi Lukisan Sea Breeze

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya abstrak ekspresionis, modern. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik di atas kanvas. Dalam lukisan ini, pelukis terinspirasi oleh warna laut.

Makna Lukisan

Selama ini diyakini bahwa birunya laut merupakan bayangan warna langit yang juga biru. Namun ini adalah persepsi yang salah. Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), laut berwarna biru karena menyerap cahaya matahari.

Ketika sinar matahari mengenai permukaan laut, air laut menyerap gelombang panjang berwarna merah di spektrum cahaya–selain gelombang pendek–termasuk warna ungu dan ultraviolet. Sedangkan cahaya lain yang terlihat kebanyakan berbentuk gelombang cahaya biru.

Meski begitu, NOAA mencatat laut juga dapat memantulkan warna lain, termasuk merah dan hijau. Hal itu terjadi ketika sinar matahari mengenai benda yang mengapung di permukaan laut, seperti sedimen dan ganggang laut.

Seberapa biru air laut tergantung pada seberapa banyak laut itu dapat menyerap cahaya. Sebagai contoh, air di dalam gelas terlihat sangat jernih karena tak ada molekul air yang cukup untuk menyerap cahaya. Sedangkan di dalam laut, semakin dalam kita menyelam, semakin biru warna yang terlihat.

Hal itu terjadi lantaran molekul air menyerap terlebih dahulu cahaya inframerah, merah, dan ultraviolet, kemudian kuning, hijau, dan ungu. Menurut NASA, cahaya biru yang diserap paling akhir dapat menembus air laut hingga dalam.

Pembuktian hal tersebut sangat mudah. Jika Anda menyelam di laut hingga dalam lalu mengambil foto tanpa menggunakan lampu apa pun, maka semua akan terlihat biru, termasuk ikan berwarna-warni yang biasa terlihat di laut.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Sea-Breeze/1019368/3834713/view https://tekno.tempo.co/read/585288/ini-penyebab-laut-terlihat-biru
Comments
Loading...