Lukisan “Sea Foam” (Tanto Sutianto)

Sea Foam - Tanto Sutianto
0 2.381

Lukisan Sea Foam merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Tanto Sutianto.

Sea Foam – Tanto Sutianto
  • Pelukis : Tanto Sutianto
  • Judul : “Sea Foam”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic On Canvas
  • Ukuran : 35.4 H x 55.1 W x 1.6 in

Deskripsi Lukisan Sea Foam

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya abstrak Ekspresionis. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik di atas kanvas. Dalam lukisan ini, pelukis mencoba menggambarkan imajinasinya tentang keindahan busa laut.

Makna Lukisan

Busa laut, atau pantai busa adalah jenis busa yang diciptakan oleh agitasi air laut, terutama ketika mengandung konsentrasi lebih tinggi dari bahan organik terlarut (termasuk protein, lignins, dan lipid) yang berasal dari sumber-sumber seperti lepas pantai rincian mekar alga. Senyawa ini dapat bertindak sebagai surfaktan atau agen berbusa. Seperti air laut yang menggulung dengan memecah gelombang di surf zone berdekatan dengan pantai, kehadiran surfaktan tersebut di bawah ini perangkap kondisi udara bergolak, membentuk gelembung gigih yang menempel satu sama lain melalui tegangan permukaan. Karena kerapatan yang rendah dan ketekunan, busa bisa tertiup angin dari beachface sampai di darat ke pedalaman ke trotoar dan jalan-jalan.

Ganggang atau algae merupakan sumber utama dari terbentuknya busa laut. Ketika mereka bermekar atau biasa disebut sebagai fenomena algae blooms (ledakan ganggang) maka ketika sebagian besar ganggang membusuk, itu akan menghasilkan apa yang kita sebut sebagai busa laut.

Ledakan populasi algae tadi bisa dipicu oleh ketidakstabilan air laut, dalam hal ini yang menjadi pemicu utama adalah badai.

Kebanyakan busa laut tidak berbahaya bagi manusia dan justru terbentuknya busa laut merupakan indikasi dari ekosistem laut yang produktif. Tetapi ketika sebagian besar ganggang yang tercampur dalam busa tersebut membusuk, berpotensi untuk membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan.

Dalam proses pembusukan algae biasanya akan menghasilkan aerosol atau partikel padat. Partikel tersebut dapat bercampur dengan udara dan dapat menyebabkan iritasi pada mata manusia, juga menimbulkan risiko kesehatan bagi orang-orang yang menderita asma atau penyakit pernapasan lainnya.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Sea-foam/409866/2725976/view http://aiioenkz.blogspot.com/2011/01/fenomena-serangan-gelombang-busa-dari.html?m=1
Comments
Loading...