Lukisan “Seedlings Waste” (Brinda Sukma)

Seedlings Waste - Brinda Sukma
0 2.249

Lukisan Seedlings Waste merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Brinda Sukma.

Seedlings Waste – Brinda Sukma
  • Pelukis : Brinda Sukma
  • Judul : “Seedlings Waste”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic On Canvas
  • Ukuran : 57.1 H x 33.5 W x 2.4 in

Deskripsi Lukisan Seedlings Waste

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya abstrak Ekspresionis. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik di atas kanvas. Dalam lukisan ini, pelukis mencoba menggambarkan imajinasinya tentang kehidupan yang tidak adil dimana industri mengendalikan permukiman yang menyebabkan penyempitan tanah.

Karya ini terbit di acara perdana Biennale Jatim 6 Yang diadakan pada tanggal 11-24 November 2015 dengan dua lokasi simultan di Kompleks Balai Pemuda dan Galeri CA Emitan, Surabaya.

Makna Lukisan

Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan industri-industri di Indonesia memiliki pengaruh terhadap kondisi lingkungan di sekitar tempat berdirinya bangunan-bangunan industri tersebut. Meskipun tidak seluruhnya, sejumlah besar praktek industri di negara kita ini memberikan dampak negatif untuk lingkungan.

Dampak Negatif Kegiatan Industri terhadap Lingkungan

Adanya peningkatan besar-besaran dalam bidang industri memang memberikan keuntungan untuk banyak pihak. Dampak positif adanya eskalasi kegiatan industri berlangsung ini antara lain meningkatnya jumlah lapangan kerja, membantu mengatasi permasalahan terkait kemiskinan dan pengangguran, menambah pendapatan negara, dan sebagainya.

Namun dampak negatifnya terhadap lingkungan pun tak bisa dipungkiri banyaknya. Terganggungnya kebersihan dan munculnya berbagai pencemaran lingkungan menjadi akibat utama tumbuhnya industri; yang tak pelak merugikan masyarakat yang tinggal di daerah sekitarnya.

Pencemaran air dan tanah. Pencemaran pada air dan tanah ini bisa disebabkan oleh limbah-limbah industri, seperti sampah non-organik dan zat-zat kimia sisa proses produksi yang dibuang sembarangan oleh pihak pemilik industri.

Sampah anorganik yang dibuang di tanah dapat mempengaruhi pertumbuhan organisme di dalam tanah (yang berperan pada kesuburan tanah); mengakibatkan tanah tidak lagi gembur dan subur sehingga tanaman menghambat pertumbuhan tumbuhan di atasnya.

Sedangkan sampah, baik padat maupun cair, yang terbuang ke dalam sumber air dapat menimbulkan dampak seperti, bau, perubahan suhu, atau pendangkalan sungai. Di samping itu, air tidak lagi sehat untuk digunakan. Ketika penduduk sekitar terpaksa menggunakan air yang tercampur limbah tersebut, kemungkinan mereka akan mengalami gangguan terhadap kesehatan.

Industri yang terjadi saat ini berada di luar kendali penataan kota dan membuat hidup manusia menjadi sulit. Tentang biaya yang tidak semestinya dan juga membuat banyak dampak negatif dengan produksinya. Bagaimana tidak, lingkungan yang terkontaminasi oleh limbah pabrik, asap pabrik, pembakaran hutan sekarang terjadi lagi demi keuntungan ekonomi pengusaha.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Seedlings-waste/828216/3692985/view https://environment-indonesia.com/mengatasi-isu-lingkungan-di-kawasan-industri/
Comments
Loading...