Lukisan “Seni Rupa Pandang Tak Bersudut” (Valentino Tino)

Seni Rupa Pandang Tak Bersudut - Valentino Tino
0 3.607

Lukisan Seni Rupa Pandang Tak Bersudut merupakan beberapa tema karya perupa seni lukis Indonesia, Valentino Tino.

Seni Rupa Pandang Tak Bersudut – Valentino Tino
  • Pelukis : Valentino Tino
  • Judul : “Seni Rupa Pandang Tak Bersudut”
  • Tahun : –
  • Media : Oil On Canvas
  • Ukuran : 31.5 H x 39.4 W x 1.2 in

Deskripsi Lukisan Seni Rupa Pandang Tak Bersudut

Lukisan ini merupakan lukisan nature, abstrak, konseptual dengan gaya dadaisme. Dengan teknik melukis menggunakan bahan cat minyak di atas kanvas.

Dalam lukisan ini, pelukis menggambarkan imajinasinya tentang seni tak memiliki sudut.

Makna Lukisan

Seni rupa memiliki unsur-unsur penyokong untuk menjadikan sebuah karya itu lebih menarik dan bermakna.

Bidang merupakan suatu bentuk raut pipih, datar sejajar dengan dimensi panjang dan lebar serta menutup permukaan. Bentuk-bentuk yang pipih/ gepeng seperti tripleks, kertas, karton, seng, papan tulis dan bidang latar lainnya.  Bidang juga dapat diartikan sebagai bentuk yang menempati ruang dan bentuk bidang sebagau ruangnya sendiri disebut ruang dwimatra. Bidang yang menempati ruang dapat membentuk datar sejajar tafril yang memiliki panjang dan lebar atau dapat berbentuk maya yaitu bidang yang seolah-olah membuat sudut dengan tafril sehingga seperti memiliki kedalaman semu.

Macam-macam bentuk bidang meliputi bidang geometri dan bidang non geometri. Bidang geometri adalah bidang teratur yang dibuat secara matematika, seperti segi tiga, segi empat, segi lima, segi enam, segi delapan, lingkaran dan bisang yang mempunyai bentuk yang teratur.  Sedangkan bidang non geometri adalah bidang yang dibuat secara bebas atau bisa juga dikatakan bidang organik, bidang sudut bebas, bidang gabungan, dan bidang maya. Bidang organik yaitu bidang-bidang yang dibatasi garis patah-patah bebas, bidang gabungan yaitu bidang gabungan antara lengkung dan bersudut.

Selain bentuk bidang yang rata sejajar tafril, terdapat bidang yang bersifat maya, yaitu bentuk bidang yang seolah meliuk, bentuk bidang yang seolah miring membentuk sudut dengan tafril/membentuk prespektif, bentuk bidang yang seolah bersudut-sudut, bentuk bidang yang seolah muntir.

Dalam seni dan perancangan istilah bentuk seringkali dipergunakan untuk menggambarkan struktur formal sebuah pekerjaan yaitu cara dalam menyusun dan mengkoordinasikan unsur-unsur dan bagian-bagian dari suatu komposisi untuk menghasilkan suatu gambaran nyata.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Seni-rupapandang-tak-bersudut/755424/2299463/view http://www.softilmu.com/2015/11/8-macam-unsur-unsur-seni-rupa-adalah.html?m=1
Comments
Loading...