Lukisan “Senyuman Pagi” Karya Riki Antoni

Senyuman Pagi - Riki Antoni
0 1.254

Lukisan “Senyuman Pagi” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Riki Antoni.

Senyuman Pagi – Riki Antoni
  • Pelukis : Riki Antoni
  • Judul : “Senyuman Pagi”
  • Tahun : 2019
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran : 80 x 100 cm

Deskripsi Lukisan “Senyuman Pagi”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya kontemporer, surealisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat minyak di atas kanvas.

Riki merupakan pelukis yang tetap dengan kekhasannya, melukis figur bergaya komikal atau animasi. Dengan kekhasan seperti ini, figur-figur Riki mengesankan tokoh dengan pengamatan tajam yang didasari keingintahuan besar (curiosity), serta optimis menatap dunia, terlebih senantiasa menyungging senyum. Setidaknya tokoh yang merasa nyaman dengan dunianya. Dengan modal seperti ini, lukisan-lukisan pelukis kelahiran 1977 ini memancarkan kesan positif yang menyenangkan.

Tema Lukisan

Tokoh superhero sangat dekat dengan keseharian anak-anak. Alasan itulah yang membuat Riki Antoni mengedukasi anaknya lewat karya lukis yang mengangkat sosok-sosok superhero.

Riki mengaku dunia anak sangat menyenangkan. Riki sering mengomunikasikan keinginannya pada anak lewat goresan tangannya.

Dari karya seni itu Riki berharap bisa memberi dorongan fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial, emosional, serta sikap kemandirian anak.

Antara sadar dan tidak, antara kehancuran dan harapan, antara hukum dan kebebasan, antara pengalaman dan realitas Riki Antoni membentang kisah. Ia mengisahkan masa lampau, masa kini, dan masa depan. Ia meletakkan teks karyanya dalam struktur historis. Ia berkisah sekaligus bersiasat dengan umur dalam bingkai tradisi di tengah serbuan modernitas yang melapukkan banyak hal.

Cerita yang Terus Hidup

Gagasan Riki Antoni menciptakan garis, warna dan bentuk-bentuk tanda awet muda, romantis, natural, sedih dan bahagia tetap bersahaja, marah dan lucu tetap imut-imut innocent.

Menanam-tumbuhkan kembali, ingatan terhadap pemandangan alam pedesaan,  yang memesona, indah, dan natural. Pemandangan itu juga menghidupkan ingatan masa lampau, keindahan alam dalam sebuah cerita. Imajinasi yang muncul berupa rasa cemas, kekhawatiran juga harapan, baik yang diciptakan sendiri atau muncul karena melihat ketegangan realitas sosial.

Figur-figur berbentuk kartun yang mengisyaratkan hidup tidak ada matinya, menunjukkan harapan panjang umur. 

Pernyataan Pelukis

Kedekatan suatu perasaan istimewa terhadap teman, sahabat, hewan peliharaan, dan juga benda-benda kesayangan. Mereka adalah sahabat jiwa yang bisa diajak bicara apa saja dan dimana saja. Mereka memberi inspirasi tentang perjalanan, petualangan, kebahagiaan, kesendirian dan arti tentang kehidupan.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com https://indoartnow.com/artists/riki-antoni https://www.tembi.net/2017/02/23/dunia-anak-riki-antoni-yang-menyenangkan/
Comments
Loading...