Lukisan “September Song” Karya Windi Apriani

September Song - Windi Apriani
0 6.388

Lukisan “September Song” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Windi Apriani.

September Song – Windi Apriani
  • Pelukis : Windi Apriani
  • Judul : “September Song”
  • Tahun : 2013
  • Media : Oil and Pen on Canvas
  • Ukuran : 138 cm x 160 cm

Deskripsi Lukisan “September Song”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya realisme, kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan media cat minyak dan pulpen di atas kanvas. 

Karya Windi Apriani ini beraliran realisme, karyanya membawa kemiripan pada apapun yang dijadikan referensi olehnya, biasanya karya-karyanya dibuat dengan tampak simpel dan sedeharna dengan menjadikan dirinya sebagai referensi atau acuan.

Windi adalah seorang seniman yang dikenal dengan lukisan bermedium ballpoint dan oil di atas kanvas yang kerap kali berupa self-portrait dan menggambarkan simbolisme kehidupan domestik seorang wanita.

Teknik Lukisan

Melihat dari dekat proses karya-karya Windi memang bukanlah karya yang bisa dikerjakan dengan cepat, selain elaborasi ide-idenya dibutuhkan kerja yang sangat intens atas pilihan teknisnya karyanya, dengan proses fotografi, editing, dan teknik drawing atau arsir yang membutuhkan kecermatan tinggi.

Teknik yang menjadi ciri khas Windi adalah mengumpulkan garis-garis penetasan atau bayangan yang sangat detail dan teliti menggunakan pena. Bagi Windi, garis adalah media untuk mengekspresikan pengalaman, kontemplasi, serta kepekaan terhadap objek. Namun, karya seni Windi bukan hanya tentang representasi; itu terkait dengan realitas dan harapan, masa kini dan masa lalu dalam bingkai persepsi.

Teknik ini tidak umum diterapkan pada genre fotorealisme di kanvas. Karena itulah karya-karya Windi pada awalnya tidak tampak menonjol, tetapi lebih mengundang penonton untuk mendekat dan mengamati suasana kanvasnya. Sesuai dengan tekniknya, karya Windi tampaknya lebih mendekati konsep gambar daripada melukis. Meski begitu, tidak salah jika menyebut karya-karyanya sebagai lukisan, karena dibuat di kanvas, dan orang juga bisa merasakan bayangan warna halus di berbagai bagian kanvas itu sendiri. Karya-karya Windi mungkin mengandung dua kemungkinan, seperti menggambar dan juga melukis. Bisa dikatakan bahwa pengkategorian karya-karya Windi mungkin bukan prioritas utama, melainkan konsep yang lebih dalam yang ingin ia ekspresikan.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/windi-apriani https://id.m.wikipedia.org/wiki/Windi_Apriani
Comments
Loading...