Lukisan “Sesadji Dewi Sri” (Ida Bagus Made Poleng)

Sesadji Dewi Sri - Ida Bagus Made Poleng
0 3.520
  • Pelukis : Ida Bagus Made Poleng
  • Judul : “Sesadji Dewi Sri”
  • Tahun : 1940 – 1964
  • Media : watercolor On Canvas
  • Ukuran : 260 cm x 208 cm

Deskripsi Lukisan Sesadji Dewi Sri

Lukisan ini merupakan lukisan realisme, naturalisme. Dengan teknik melukis menggunakan cat air diatas kanvas.

Lukisan ini menggambarkan sebuah pemandangan beberapa orang yang sedang melakukan ritual meminta berkah dan memberikan sesaji kepada dewi Sri.

Dewi Sri sebagai dewi kemakmuran dan kesuburan merupakan sakti dari Dewa Wisnu yang sebagai dewa pemelihara dan penguasa air. Kesuburan dari segala tumbuhan atau tanah tidak dapat dipisahkan dengan adanya air sebagai faktor pendukung kesuburan tersebut. Dalam masyarakat Hindu di Bali mengenal sebutan Dewi Danu sebagai nama lain dari Dewi Sri. Dewi Danu berasal dari dua kata yaitu Dewi dan Danu. Dewi mengandung arti dewa perempuan, perempuan yang cantik dan Danu(bahasa Bali) memiliki persamaan arti dengan danau yaitu daratan yang jeluk yang digenangi air amat luas atau telaga. Jadi Dewi Danu mengandung arti dewi yang sangat dipuja atau disembah sebagai penguasa air atau danau yang bertujuan untuk memohon keselamatan, kesuburan dalam bidang pertanian. Dewi Danumerupakan manifetasi Tuhan, dalam prabawa-Nya sebagai dewi kesuburan. (tesis). Selain itu, Dewi Sri juga disebut sebagai Dewa Ayu Manik Galih, yaitu sebagai dewi yang menguasi pangan (beras atau padi) dan sebagai dewi kemakmuran. (Sumber : http://hindu.web.id/2017/04/24/mitos-dewi-sri/).

Makna Lukisan

Lukisan Ida Bagus Made banyak bertemakan kehidupan sehari-hari dalam warna yang kelam dan bentuk anatomi yang khas dan kuat. Ia dikenal sebagai orang yang mempunyai sikap tegas berkepribadian kuat, bicaranya tajam dan kadang ekstrem dalam bersikap. Bagi pelukis yang akrab disapa Gus Made ini, lukisan adalah sebagian dari jiwanya. Baginya seorang pelukis hidup dua kali, pertama di dunia fana, kedua dalam lukisannya. Oleh karena itu ia dikenal sangat mencintai lukisannya dan tidak mau menjual karyanya.

Ida Bagus Poleng dikenal oleh orang Bali sebagai spesialis ritual untuk ukiran topeng sakral dijiwai dengan kekuatan magis untuk kuil sekitarnya Ubud. Sebagai pelukis tradisional dari generasi Pitamaha, ia menjadi dikenal di seluruh dunia untuk penguasaan seninya.

karya Ida Bagus Made, dengan obyek pemandangan alam menambah keragaman bentuk sebagai pengimbang komposisi. Sebagai contoh Lukisan Pura Pengukur-ukuran diselesaikan hanya dalam hitam putih dengan teknik aburan yang pekat, tidak diberi warna sebagaimana lukisan lainnya.

Lukisan Ida Bagus Made adalah beberapa contoh terbaik dari sekolah Ubud dari generasi Pitamaha, dan belum dikalahkan oleh pelukis muda. Lukisannya telah diakuisisi oleh lembaga bergengsi di seluruh dunia, termasuk PBB, New York Museum of Modern Art (MOMA), Royal Tropical Institute Museum (Amsterdam) dan Royal Museum Etnografi (Leiden).

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source http://archive.ivaa-online.org/ http://archive.ivaa-online.org/pelakuseni/ida-bagus-made-poleng-1 http://www.bentarabudaya.com/profil-seniman/ida-bagus-made
Comments
Loading...