Lukisan “Sketch Girl” Karya Bob Sick Yudhita Agung

Sketch Girl - Bob Sick Yudhita Agung
0 1.249

Lukisan “Sketch Girl” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Bob Sick Yudhita Agung.

Sketch Girl – Bob Sick Yudhita Agung
  • Pelukis : Bob Sick Yudhita Agung
  • Judul : “Sketch Girl”
  • Tahun : 2008
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 150 x 150 cm

Deskripsi Lukisan “Sketch Girl”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya pop art. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas.

Bob Sick adalah seorang pelukis yang dikenal oleh semua masyarakat seni di Indonesia dengan penampilannya yang unik, dari rambut sampai ujung kaki. Penggila tatto dengan tubuh yang dipenuhi tatto koleksinya, hasil karya seniman tatto dari sekujur pulau Jawa dan Bali. ‘Tak terdewasakan secara budaya’ terlihat dari seluruh apa yang dilakukan dalam setiap aksi estetiknya. Lukisannya berlandaskan semangat bermain yang kental, dengan spontanitas gagasan yang cukup tinggi.

Tema Lukisan

Tema-tema lukisannya berkisar dari reaksi yang muncul dari dunia psikologisnya. Mulai dari tema tentang malaikat dan setan, tuhan, sakit hati, teman-temannya dan berbagai hal yang bisa dipikirkannya. Mirip dengan kata-kata yang diguyurkannya dalam kanvas, sosok-sosok manusia, makhluk aneh, objek-objek dan tumbuh-tumbuhan dalam kanvasnya seolah-olah didatangkannya begitu saja, digabung-gabungkan dengan tanpa mengikuti logika umum.

Teknik Lukisan

Dalam berkarya, Bob Sick lebih berkecenderungan untuk menampilkan sisi bermainnya yang kental, dengan garis-garis tegas, meliuk-liuk, dan kadang memenuhi bidang kanvas. Garis pada Bob mempunyai porsi yang sangat penting. Kebanyakan karyanya menggunakan outline warna gelap yang tegas. Garis lengkung-lengkung tak putus-putus mirip sulur-sulur tetumbuhan. Sapuan kuas besar yang menyisakan lelehan cat basah, bagai sapuan jagoan graffiti di lorong-lorong jalanan. Terkadang lukisannya amat ramai, tak ada sisa ruang kosong, semua diisi penuh dengan ornamen-ornamen yang tak tentu rimba asalnya. Tetapi pada lukisan lain, terkadang juga dibiarkan sunyi.

Beberapa lukisan diberi teks yang juga digoreskan dengan cara mengindah-indahkan teks mirip para ahli kaligrafi. Bob seringkali menuliskan statemennya dalam lukisan, baik pusi, komentar singkat, teks nama, judul, dan tanggal lahirnya. Bob menggunakan kata-kata secara lepas, tanpa beban gamatika umum, dari bahasa Indonesia, Inggris, atau pun bahasa-bahasa lainnya.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source http://www.galerisemarang.com http://www.galerisemarang.com/listwork.php?id=197&page=2 http://bulletproofcurator.blogspot.com/2007/10/ketakterdewasakan-bob-sick.html?m=1
Comments
Loading...