Lukisan “Solid Steady” Karya Natisa Jones

Solid Steady - Natisa Jones
0 1.219

Lukisan “Solid Steady” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Natisa Jones.

Solid Steady – Natisa Jones
  • Pelukis : Natisa Jones
  • Judul : “Solid Steady
  • Tahun : 2012
  • Media : Mixed Media
  • Ukuran : 220 x 160 cm

Deskripsi Lukisan “Solid Steady”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya abstrak, ekspresionisme. Dengan teknik melukis menggunakan media campuran. Corak visual yang sering muncul di atas kanvas Jones adalah perpaduan antara figur tanpa gender dan juga tulisan. Komposisi ini dihadirkan dengan warna-warna palet yang lembut dan hangat. Jones kerap berbicara tentang figuratif dan gambar tubuh. Ia kerap menggambar sosok manusia yang mirip dengan dirinya. Dengan melukiskan sosok figuratif, ia merasakan emosional yang mendalam. Jones enggan memberikan konsep pada karya-karyanya. Ia lebih memilih berkarya secara spontan, membiarkan emosi mengalir pada garis-garis biomorfisnya.

Perjalanan Karir

Natisa Jones adalah seorang seniman visual yang lahir di Jakarta pada tahun 1989. Setelah mendapat gelas Bachelor of Fine Art Painting dari Royal Melbourne Institute of Technology (R.M.I.T), Australia, pada tahun 2011, Jones memulai karier berkesenian secara profesional pada tahun 2013.

Karakteristik Karya

Karyanya banyak mempertanyakan tema identitas dan kontekstualisasi akan kondisi manusia di kesehariannya. Meski sering menggunakan metode dokumentasi dan eksperimentasi, Jones lebih banyak dipengaruhi oleh suasana hati yang saat itu ia rasakan.

Tak hanya penggambarakan sosok figuratif saja, namun Natisa juga kerap membubuhkan teks dalam setiap karyanya. Ketika ia berubah medium, misalnya dari kanvas ke kertas maupun sebaliknya serta berganti eksperimen, teks selalu ada.

Bagi Jones, sebagai seorang seniman yang berkarya dengan jujur, benang merah antara satu karya dengan karya lainnya adalah dirinya sendiri.

Tidak seperti pelukis Bali lainnya, Jones enggan mengadopsi bentuk-bentuk figuratif dan dekoratif ke dalam lukisannya. Dia lebih memilih bentuk-bentuk penuh distorsi dan bermain pada tataran ekspresi yang banal, keseharian, identitas, dan alam bawah sadar manusia. Ia sering bereksperimen menggunakan tinta, grafiti, dan akrilik.

Tema Lukisan

Karya-karya barunya terbilang cukup segar dan lebih matang dalam hal pemikiran. Menampilkan lukisan, drawing, hingga instalasi puisi. Karyanya juga tidak melulu soal bentuk dan figur, tapi mengusung ekspresi dengan penyajian yang mengganggu.  Begitu pula yang terlihat dari goresan catnya, terlihat kuat sekaligus sembarangan. Namun itu lah yang membuat karya-karya Jones menarik. Perenungan, ekspresi, dan emosi campur ke dalam sapuan kanvas yang impulsif.

Karya-karya Natisa bisa jadi adalah gambaran dunia bawah sadar dengan peristiwa lain yang mencoba meloloskan diri dari kesesakan dan kepungan sensor resmi yang punya definisi umum tentang ‘kebaikan’. Ia mencoba mengembalikan manusia pada pengalaman-pengalaman paling personal, menempatkan sesuatu yang dianggap ‘suci’ menjadi biasa-biasa saja, yang tabu menjadi terbuka-agar manusia kembali melihat kesejatian dirinya

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com https://indoartnow.com/artists/natisa-jones https://sarasvati.co.id/exhibition/07/kontemplasi-sentimental-grotesk/
Comments
Loading...