Lukisan “Solo” Karya Haryanto Gunawan

Solo - Haryanto Gunawan
0 86.061

Lukisan “Solo” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Haryanto Gunawan.

Solo – Haryanto Gunawan
  • Pelukis : Haryanto Gunawan
  • Judul : “Solo”
  • Tahun : 2018
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 120 x 120 cm

Deskripsi Lukisan “Solo”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya abstrak, kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas.

Latar Belakang

Lukisan-lukisan abstrak Haryanto Gunawan sebenarnya tidak bisa dilepaskan dari sejarah seni lukis Indonesia. Karena berbeda dengan di Eropa dan Amerika, perkembangan seni lukis abstrak di tanah air tumbuh subur melalui institusi pendidikan seni, khususnya pada dasawarsa 1960-an.

Lukisan-lukisan Haryanto Gunawan merefleksikan dinamika kehidupan dalam budaya kontemporer yang bergerak dan berubah dengan cepat. Ini merupakan zaman desentralisasi dalam segala hal yang tidak menyandarkan tumpuan pada satu titik, melainkan plural.

Ketika melihat satu lukisan Haryanto, misalnya, kita seakan-akan melihat sebuah background. Namun yang kita lihat justru berbagai ragam ekspresi yang mencerminkan multi-tasking tersebut.

Teknik dan Karakteristik Karya

Untaian kalimat “Segala sesuatu di alam semesta pasti berjiwa” dari Thales, filsuf Yunani Kuno sepertinya pas untuk menggambarkan pengalaman yang menyadarkan diri seorang Haryanto Gunawan. Seniman yang lekat dengan karya-karya abstrak ini menyadari bahwa manusia memiliki jiwa sebagai kemurnian Ilahi yang menyatukan tubuh, rasa, dan pikiran. Jiwa inilah yang kemudian menjadi pusat permenungan, sekaligus menjadi inspirasi dalam berkarya.

Gunawan hanya memandang kanvas sebagai bidang segiempat terbatas dengan komposisi terkungkung. “Lukisannya bergerak, tapi tak beranjak”. Gunawan mengisi spirit baru pada tiap sapuan dan kedalaman. Karya-karyanya kali ini, telah terbebas dari belenggu hukum-hukum senirupa modern, point of viewnya tak lagi tunggal dan diam, centre of interestnya mengalir sambil selalu bermetamorfosa.

Dari sejumlah karya abstrak lirisnya, justru bukan dihasilkan melalusi deformasi objek-objek, melainkan melalui suatu mekanisme internal dalam menuangkan kesan sang pelukis ketika mempersepsikan realitasnya dan pandangan tentang realitasnya.

karya-karya Gunawan sangat jujur dan sangat khas. Gunawan mengandalkan garis-garis pendek nyaris berkesinambungan secara dinamis, menggunakan warna-warna muda untuk membangun kesan lembut, tetapi tetap tegas dan elegan.

Abstraksi tanpa batas ini diperlihatkan dari paduan banyak warna yang membentuk lapisan transparan yang disapukan berkali-kali, dan kemudian memunculkan harmonisasi dalam bidang kanvas. Tidak jarang Haryanto juga menyapukan cat dengan warna-warna senada. Tidak hanya menggunakan warna-warna cerah saja, Haryanto juga berani menggunakan warna yang lebih sederhana yakni warna monokrom. 

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/haryanto-gunawan http://visualindonesia.com/seni-budaya/colours-emotions-seni-lukis-abstrak-kontemporer-indonesia-haryanto-gunawan/
Comments
Loading...