Lukisan “Song Of Life” (Tanto Sutianto)

Song Of Life - Tanto Sutianto
0 1.429

Lukisan Song Of Life merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Tanto Sutianto.

Song Of Life – Tanto Sutianto
  • Pelukis : Tanto Sutianto
  • Judul : “Song Of Life”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic On Canvas
  • Ukuran : 47.2 H x 29.5 W x 1.6 in

Deskripsi Lukisan Song Of Life

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya abstrak ekspresionis. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik di atas kanvas. Dalam lukisan ini, pelukis mencoba menggambarkan imajinasinya tentang nyanyian kehidupan.

Makna Lukisan

Sejak manusia mengalami proses kejadian sampai sempurna menjadi janin dan dilahirkan di dunia, telah ada unsur lain yang bukan fisik material yang ikut menyusun semua peristiwa penciptaan itu. Justru adanya unsur non-fisik inilah yang membedakan manusia dari makhluk hidup lainnya sebagai satu kelebihan. Kelebihan ini akhirnya tampak nyata pada norma-norma nafsiyah (psikologis) dengan segala kegiatannya.

Jiwa atau Jiva berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya “benih kehidupan”. Dalam berbagai agama dan filsafat, jiwa adalah bagian yang bukan jasmaniah (immaterial) dari seseorang. Biasanya jiwa dipercaya mencakup pikiran dan kepribadian (Id, Ego, dan Superego). Penggunaan istilah jiwa dan roh seringkali disamakan, meskipun kata yang pertama lebih sering berhubungan dengan keduniaan dibandingkan kata yang kedua. Jiwa dan psyche bisa juga digunakan secara sinonim, meskipun psyche lebih berkonotasi fisik, sedangkan jiwa berhubungan dekat dengan metafisik dan agama.

Jiwa juga diartikan sebagai seluruh kehidupan batin manusia (yang terjadi dari perasaan, pikiran, angan-angan, dan sebagainya).

Ketika kita mulai memahami jiwa, maka kita akan menyelam kedalam samudera luas yang sangat ilustratif. Kita bisa belajar hidup dari tingkatan jiwa yang menentukan kedewasaan. Kita akan melihat bagian terbaik, yang paling terang dari diri kita yang akan beresonansi dengan segala irama alam semesta. Kita akan benar-benar mengenal diri sendiri sebagai pembuat mukjizat yang memang mampu kita capai. Ketakutan, kerinduan, kebencian, kecemasan, dan keraguan kita akan hilang dengan sendirinya. Hidup pada tingkatan jiwa artinya sudah mampu melampaui ego, melampaui keterbatasan pikiran yang menghubungkan kita dengan setiap kejadian serta hasil-hasil yang kita dapatkan di dunia fisik.

Jiwa semua orang dapat berkomunikasi dengan cara yang berbeda-beda. Ada beberapa orang menerima pesan dalam mimpi mereka, orang lain ada yang melalui meditasi, dan beberapa melalui karya kreatif.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Song-of-life/409866/1551981/view http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/460
Comments
Loading...