Lukisan “Street Spirit” Karya Agus Triyanto BR

Street Spirit - Agus Triyanto BR
0 1.225

Lukisan “Street Spirit” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Agus Triyanto BR.

Street Spirit – Agus Triyanto BR
  • Pelukis : Agus Triyanto BR
  • Judul : “Street Spirit
  • Tahun : 2012
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran : 300 x 150 cm

Deskripsi Lukisan “Street Spirit”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya realisme, kontemporer, ekspresionisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat minyak di atas kanvas. Lukisan-lukisan Agus, menggunakan bahasa ungkap yang ekspresif—yang berasal dari khazanah lama ekspresionisme. Sehingga mereka luput mengetahui bahwa bahasa ungkap yang ekspresif adalah mata rantai dalam garis cipta artistik Agus. 

Karakteristik Lukisan

Agus mampu memperlihatkan eksplorasi artistik yang mengesankan dalam bentuk dan ide karya-karya seni rupanya. Sebagai perupa muda yang tengah tumbuh, proses kreatifnya senantiasa dipicu oleh gagasan-gagasan yang berasal dari dalam dan luar dirinya.

Hal itu dapat berupa potongan-potongan kenangan, sabur-limbur pengalaman, atau percik-percik permenungan—yang bertukar-tangkap dengan lepas atau melepas-renggut di lidah dan hati atau penglihatan dan pendengarannya.

Agus ingin menunjukkan kepada pemirsa makna ambiguitas kebebasan manusia modern melalui karya-karya seni rupanya termasuk lukisan.

Tema Lukisan

Dalam karya-karya seni rupa Agus, terutama lukisan-lukisannya, kita seolah berhadapan dengan sebuah atau serangkaian puisi yang tercipta dari cat. Misalnya, lukisan Happiness Lonely (2012), yang menggambarkan sebuah bagunan kosong dalam warna kelabu. “Walaupun kosong, ruang memberikan kenangan yang terekam. Kenangan dari spirit”.

Dengan menggambar bangunan antah-berantah itu, Agus ingin menghembuskan nafas kehidupan kepada lalu waktu yang tak kita tahu setinggi apa kegembiraan maha bertahta dalam kesendirian.

Teknik Lukisan

Dalam garis cipta artistik lukisan-lukisan Agus, bahasa ungkap yang ekspresif bukanlah satu-satunya—apalagi yang utama—yang dipergunakannya untuk menciptakan karya seni lukis.

Di balik sapuan-sapuan ekspresif di permukaan kanvas tersimpan garis-garis tertib, halus, dan rapi yang merupakan warisan sah gaya realisme. Agus memperoleh pengakuan publik atas penguasaan estetik dan pencapaian artistik dalam khazanah seni lukis realisme. 

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com https://indoartnow.com/artists/agus-triyanto-br http://emmitancagallery.blogspot.com/2012/06/agus-tbr-homesick-alien.html
Comments
Loading...