Lukisan “Sukmo lan Jiwo” (Imam Sucahyo)

0 2.456.921

Lukisan Sukmo lan Jiwo merupakan salah satu karya pelukis Imam Sucahyo.  Ia adalah pelukis yang tak pernah menjadikan karyanya sebagai sesuatu yang hanya bisa dinilai dengan materi. Tetapi lebih dari itu. Lukisan merupakan luapan jiwa.

  • Pelukis : Imam Sucahyo
  • Judul : “Sukmo lan Jiwo”
  • Tahun : 2017
  • Media : Acrylic, Marker On Canvas
  • Ukuran : 32 cm x 24,4 cm
Deskripsi Lukisan Sukmo lan Jiwo

Sukmo dan jiwo (sukma dan jiwa) yang berada dalam belantara hutan tubuh manusia adalah sebuah nurani tempat daya pikir jiwa yang membuahkan rasa. Didalam nurani ini lah tempat sebuah romantisme ‘pertemuan’ antara pencipta dan yang dicipta. Antara Khaliq dengan seorang hamba-Nya. Hati nurani adalah cawan dari ke-Maha Lemah Lembutan Tuhan.

Makna Tersirat

Manusia adalah sebuah misteri, tidak lain kita adalah misteri bagi diri kita sendiri. Terpusatnya pemikiran pada realitas hanya semakin menjauhkan kita pada kesadaran akan adanya sebuah jagad jiwa yang justru sesungguhnya itulah hakikat diri kita sebagai makhluk ruhani. Apa yang tampak (pada tubuh) akan lenyap, sementara jiwa akan hidup abadi.

Sukma dan jiwa juga bisa jadi berarti baik dan buruk, laki-laki dan perempuan yang selalu ingin mendominasi tingkah manusia.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia Imam Sucahyo
Comments
Loading...