Lukisan “Sunset in Tanah Lot Bali” (Iryanto Hadi)

Sunset in Tanah Lot Bali - Iryanto Hadi
0 2.737

Lukisan Sunset in Tanah Lot Bali merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Iryanto Hadi.

Sunset in Tanah Lot Bali – Iryanto Hadi
  • Pelukis : Iryanto Hadi
  • Judul : “Sunset in Tanah Lot Bali”
  • Tahun : –
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran : 47.2 H x 51.2 W x 1.6 in

Deskripsi Lukisan Sunset in Tanah Lot Bali

Lukisan ini merupakan lukisan landscape dengan gaya impressionis. Dengan teknik melukis menggunakan oil di atas kanvas. Dalam lukisan ini, pelukis menggambarkan sunset di Tanah Lot Bali yang sangat indah.

Makna Lukisan

Pura yang paling artistik di bali. Terletak di tepi laut. Dengan budaya lokal eksotis: mempersembahkan upacara kepada Tuhan. Pemandangan matahari terbenam adalah seni surgawi. Dilukis dengan kanvas berkualitas tinggi dan bahan warna minyak, dengan teknik pisau palet kebanyakan, dipadukan dengan sapuan kuas yang kuat, memberi tekstur bentuk lukisan yang sangat bagus. Karya seni yang bagus untuk dikoleksi.

Pura Tanah Lot merupakan tempat beribadah untuk umat Hindu Bali yang dibangun menjorok di atas tepi karang di sisi lautan. Kompleks pura ini dibangun pada dua titik yang berbeda, satu bangunan terletak di atas bongkahan batu yang besar dan satu lagi dibangun di atas tebing yang menjorok ke tepi laut. Bagian kedua pura ini secara umum hampir sama dengan pura Uluwatu. Keunikan Tanah Lot adalah, tebing yang menjadi pondasi bangunan pura berbentuk melengkung seperti jembatan dan menghubungkan antara pura kedua dengan daratan.

Pura Tanah Lot termasuk dalam bagian rangkaian Pura Kahyangan Jagat di Bali. Pura kahyangan jagat di Tanah Lot dibangun untuk menjadi tempat pemujaan dewa-dewa yang menjaga laut. Saat air pasang, maka pura ini akan tampak sangat indah karena dikelilingi oleh ombak dan air laut. Jika diamati pada bagian bawah pura terdapat lubang gua kecil. Di dalam goa ini diyakini terdapat beberapa habitat ular laut, ular dengan bentuk pipih seperti ikan dengan warna hitam dan kombinasi belang kuning. Konon menurut cerita, ular-ular ini adalah jelmaan selendang pendiri pura, Dang Yang Nirartha. Pendiri pura ini adalah seorang Brahmana dari pulau Jawa untuk mengembara di Bali. Dang Yang Nirartha menjelma menjadi ular laut untuk menjaga pura di Tanah Lot.

Itulah sekilas tengang Tanah Lot yang menjadi inspirasi bagi Iryanto Hadi dalam menciptakan karya lukis ini.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Sunset-in-Tanah-Lot-Bali/1059790/4049729/view http://www.wisataku.id/wisata/indahnya-sunset-dan-pantai-di-pura-tanah-lot/
Comments
Loading...