Lukisan “Superhero” (Tanto Sutianto)

Superhero - Tanto Sutianto
0 4.792

Lukisan Superhero merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Tanto Sutianto.

Superhero – Tanto Sutianto
  • Pelukis : Tanto Sutianto
  • Judul : “Superhero”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 57.1 x 57.1 W x 1.6 in

Deskripsi Lukisan Superhero

Lukisan ini merupakan lukisan fantasi dengan gaya abstrak ekspresionis. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik di atas kanvas. Dalam lukisan ini, pelukis mencoba menggambarkan imajinasinya tentang pahlawan super.

Makna Lukisan

Pahlawan super atau jawara adidaya (bahasa Inggris: superhero atau super hero) adalah karakter fiksi yang “memiliki kekuatan luar biasa untuk melakukan tindakan hebat untuk kepentingan umum”. Pahlawan super memiliki kemampuan atau kesaktian di atas rata-rata manusia, memakai pakaian yang khas dan mencolok serta nama yang khas, dan digambarkan sebagai penolong bagi yang lemah dalam membasmi kejahatan.

Tokoh pahlawan lain yang tidak memiliki kekuatan super juga dapat disebut pahlawan super, dan istilah pembasmi kejahatan berkostum sering dipakai untuk pahlawan super yang tidak mempunyai kekuatan super.[2]

Superhero pertama adalah Phantom yang diciptakan oleh Lee Falk, terbit di komik strip koran harian strip pada tanggal 17 February 1936, kemudian dikuti oleh Sunday Strip pada 28 May 1939, kedua koran tersebut hingga kini tetap berjalan.

Sejak kemunculan Superman di komikAmerika Serikat tahun 1938, karakter-karakter bertema hampir sama bermunculan. Tidak hanya di Amerika tetapi juga di negara-negara yang terpengaruh budaya pop Amerika terutama budaya komik.

Pada kesimpulannya bahwa sosok superhero adalah manusia. Terkadang baik kekurangan maupun ketidakmampuan yang dimiliki oleh individu acap kali dianggap atau dinilai sebagai sesuatu kekurangan yang mutlak dan tak bisa dikompromikan.

Seolah individu tersebut hanyut tenggelam oleh kekurangannya akan tetapi dilain pihak sebenarnya ada kelebihan yang ia miliki yang mungkin saja belum ia temukan. Superhero adalah karakter-karakter yang menggambarkan apabila manusia memiliki kemauan dan terus berupaya mengasah kemampuan maka tidak satupun yang tidak manusia dapat capai seperti istilah diatas “langit masih ada langit” ataupun “apa yang dicapai manusia maka manusia lainpun dapat menggapainya”.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Super-hero-SOLD/409866/1953589/view https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pahlawan_super
Comments
Loading...