Lukisan “Tangan & Cross” Karya Edo Pillu

Tangan & Cross - Edo Pillu
0 1.315

Lukisan “Tangan & Cross” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Edo Pillu.

Tangan & Cross – Edo Pillu
  • Pelukis : Edo Pillu
  • Judul : “Tangan & Cross”
  • Tahun : 2007
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 180 x 150 cm 

Deskripsi Lukisan “Tangan & Cross”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya ekspresionismekontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas.

Latar Belakang

Edo Pillu, lahir di Bandung, Jawa Barat 5 juni 1969. Ia adalah seniman Indonesia yang membuat lukisan intim dan subyektif dengan pesan subliminal konotasi filosofis, sosial dan politik. Karya, bukan sekadar sarana aktualisasi diri. Bagi Edo Pillu, karya adalah sebuah penanda zaman. Karena itu, Edo selalu bekerja secara maksimal. Harapannya, karyanya bisa membawa pencerahan, pun jadi aset generasi seterusnya di masa depan.

Berbekal pengalaman segudang, Edo berhasil unjuk gigi sebagai salah satu pelukis kebanggaan Tanah Air. Berbagai tema pernah ia angkat dalam lukisannya, entah dari hasil renungan pribadi atau potret realitas sosial masyarakat sekitarnya.

Konsep Karya dan Media Lukisan

Edo Pillu mengembangkan metode baru lukisan yang diilhami oleh batik dan tradisional. Teknik pengecatan kaca Cirebon. Dengan menggunakan cat akrilik, desainnya pertama kali diterapkan untuk medium transfarent dan setelah perawatan dipindahkan ke kanvas. Metode ini menghasilkan tampilan yang retak dan bertekstur remis dari peta topografi.

Edo menggunakan teknik titik-titiknya dengan lingkaran memanjang untuk menciptakan lapisan dan kedalaman dalam karyanya. Ia menampilkan penjajaran yang menarik antara tradisional dan kontemporer. Karya-karya Edo mengeksplorasi banyak ide dan komentar tentang keberadaannya sebagai makhluk sosial. Melalui karya-karyanya, Edo menyoroti pergerakan dinamis masyarakat tradisional dan ketegangan dan keseimbangan yang ada dalam budaya modern.

Lukisan yang muncul adalah cerminan bagaimana ia berpikir sebagai seorang demokratis (ia menyebutnya “estetika demokrat”) dalam menciptakan berbagai pemikiran, konsep, komposisi, dan media yang dipakainya. Atas dasar inilah, dengan memulai pada soal kecil pun ia berusaha menghindari keabsolutan, seperti halnya pemakai media pada karya-karya lukisnya. Edo menyepadankan konsep pada teks (misalnya tulisan ilmiah) yang di dalamnya terdapat main text dan foot note. Pada karyanya simbolisasi maint text biasa ditempatkan pada bagian atas dan foot note pada bagian bawah.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://www.mutualart.com/Artist/Edo-Pillu/D89F9FFC39690DFC/Artworks https://www.mutualart.com/Artwork/Tangan---Cross/F96740C54AC8EB18 https://viriyaps.wordpress.com/2014/08/11/edo-pillu-tak-lelah-gelisah/
Comments
Loading...