Lukisan “Tari Kelana” (Satya Graha)

penggambaran yang puitis dari gerak penari kelono topeng

Tari Kelana karya Satya Graha
0 1.470

Lukisan Tari Kelana merupakan karya Satya Graha. Pada tahun 1980-an ia melepaskan estetika seni rupa baru yang sebelumnya digeluti, dan mulai kembali meyakini estetika lirisme yang mengungkapkan nilai-nilai personalitas jiwa subjektif.

Pada periode ini, banyak karya-karyua drawing yang dihasilkan dengan tema-tema manusia yang berada dalam suasana terasing, kesepian dan sakit.

  • Pelukis : Satya Graha
  • Judul : “Tari Kelana”
  • Tahun : 1998
  • Media : Cat minyak pada canvas
  • Ukuran : 80 cm x 109 cm

Deskripsi Lukisan Tari Kelana

Karya ” Tari Kelana ” ( 1998 ) ini merupakan penggambaran yang puitis dari gerak penari kelono topeng dengan teknik drawing.  Walaupun digambarkan dengan teknik pengaburan, tetapi plastisitas gerak, anatomi tubuh, dan ekspressi topengnya terasa sangat kuat.  Dengan penguasaan anatomi yang kuat, pelukis ini dapat memanfaatkanya menjadi media yang besar untuk berekspresi.

Makna Tersirat

Karya yang ditampilkan ini, mengungkapkan makna penghargaan pada nilai-nilai humanis dan kreatfitas yang tinggi dari seorang penari Kelono Topeng.  Penghayatan pelukis yang dalam dan puitis terekam pada gerak dan misteri yang samar pada penari Kelono Topeng itu.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.
Source Informasi Lukisan Indonesia Lukisan Tari Kelana
Comments
Loading...