Lukisan “Tentang Laut, Tentang Biru” (Valentino Tino)

Tentang Laut, Tentang Biru - Valentino Tino
0 2.685

Lukisan Tentang Laut, Tentang Biru merupakan beberapa tema karya perupa seni lukis Indonesia, Valentino Tino.

Tentang Laut, Tentang Biru – Valentino Tino
  • Pelukis : Valentino Tino
  • Judul : “Tentang Laut, Tentang Biru”
  • Tahun : –
  • Media : Oil On Canvas
  • Ukuran : 59.1 H x 59.1 W x 2 in

Deskripsi Lukisan Tentang Laut, Tentang Biru

Lukisan ini merupakan lukisan nature, abstrak, konseptual dengan gaya dadaisme. Dengan teknik melukis menggunakan bahan cat minyak di atas kanvas.

Dalam lukisan ini, pelukis menggambarkan imajinasinya tentang “aku dan kamu”.

Makna Lukisan

Lautan yang luas itu hakikatnya suci dan memberi inspirasi yang tiada habisnya. Lautan yang ombaknya berdebur memecah karang itu mampu menyimpan rahasia sedalam palung laut.

Biru, melambangkan kesabaran dan kebijaksanaan. Mendongaklah keatas! Maka kau akan mendapati birunya langit.Tataplah samudera! Maka kau akan memandang hamparan air asin yang membiru. Bumi kitapun biru. Itulah mengapa banyak orang mencintai biru dan laut.

Tak selamanya laut hanya berkawan sauh dan camar. Kadangkala laut merindukan hangat sinar matahari yang menguapkan airnya sehingga kristal-kristal garam menampakkan kilau sebening mutiara.

Setiap hari laut mendambakan matahari untuk menghangatkan airnya yang bergejolak, berdebur dan membentul gulungan ombak yang pada akhirnya terpecah dibibir pantai dan hanya meninggalkan buih-buih putih lalu meresap di pasir yang berbisik.

Lautan memasukkan matahari sebagian dari kehidupannya. Bagi laut, matahari adalah sebaik-baik kawan. Manusia seringkali mengabadikan kebersamaan matahari dan laut dalam bingkai kamera. Menikmati betapa lautan yang biru teduh melengkapi kelokan matahari yang berwarna keemasan jingga di waktu fajar dan senja.

Tapi sayangnya, matahari tak menghiraukan betapa laut sangat mengagumi dan mendambakannya. Keberadaan matahari bagi laut sangat berarti. Tapi entah apakah keberadaan laut bagi matahari memiliki arti. Matahari menganggap dirinyalah yang merajai tata surya yang demikian agung dengan menembakkan sinar keemasan yang demikian angkuh kepada setiap planet.

Laut sangat sedih mengetahui bahwa matahari tidak menghiraukannya sama sekali. Tapi laut tetaplah laut yang memiliki kelapangan dada seluas punggungnya yang menyelimuti permukaan bumi hingga bumi menjadi biru karenanya. Dan laut tetap mengagumi matahari

Sebenarnya, kamu sudah lama mengenal aku sebagaimana laut mengenal matahari. Aku berharap kamu tidak seperti matahari yang melupakan kawan kecilnya. Yang menjadi angkuh dengan segala kehebatannya. Tapi aku tetap ingin kamu menjadi matahari. Matahari rendah hati yang membiaskan sinar hangatnya, menembus partikel-partikel atmosfer bumi dan kembali menyapa laut dngan ramah.

Jangan bertanya siapa “aku” sebenarnya. Dengan sepotong nama birulaut, “aku” yakin kamu dapat menemukan aku jika kamu benar-benar matahari yang rendah hati. Karena sifat yang rendah hati akan membuka matahati dan menemukan kebenaran yang selama ini masih ditutupi kabut.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Kentang-Laut-Tentang-Biru/755424/2299447/view https://www.google.com/search?q=aku+dan+kamu+bagaikan+laut+dan+biru&source=android-browser&prmd=inv&ei=ga5-WrHMCoPrvATtgJ5I&start=10&sa=N&biw=320&bih=453
Comments
Loading...